Kemenkes Sebut Tingginya Kasus DBD Dipengaruhi Adanya El Nino

Mitrapost.com – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyebutkan bahwa kasus demam berdarah menjadi tinggi di dalam negeri, ada pengaruhnya dari el nino, yakni peningkatan suhu permukaan laut yang memengaruhi kekeringan di Indonesia.

Hal ini karena curah hujan dan tren suhu bergantung pada indikator el nino. Ia juga menyebut penularan demam berdarah dipengaruhi suhu.

“Ketika berada di daerah panas, nyamuk menjadi semakin ganas. Selain itu, penularan demam berdarah juga dipengaruhi oleh suhu yaitu semakin tinggi suhu akan memperpendek hari siklus,” kata Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular, Direktorat Jenderal P2P Kemenkes Imran Pambudi, dilansir dari CNN Indonesia.

“Artinya, frekuensi nyamuk untuk mengisap lebih banyak dan meningkatkan kemampuan penularan,” lanjutnya.

Baca Juga :   Kasus DBD Tahun Ini Menurun

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa kasus demam berdarah paling banyak terjadi di bulan Januari dan Februari, kemudian meningkat di musim hujan di akhir tahun.

Rata-rata kasus demam berdarah di Indonesia sendiri ada 121 ribu kasus per tahun dan angka kematian 666 kasus per tahun.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati