Kualitas Udara Jabodetabek Memburuk, BRIN Ungkap Tiga Solusi

Mitrapost.com – Kualitas udara di wilayah Jabodetabek diketahui semakin memburuk. Kondisi ini pun mendapat sorotan dari berbagai pihak termasuk Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).

Peneliti Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Nani Harihastuti mengatakan, ada tiga solusi nyata dan efektif yang bisa dilakukan untuk mengatasi hal tersebut. Ia merinci, ada tiga sumber emisi yaitu bergerak, tidak bergerak, dan lainnya.

Pertama, emisi dari sumber tidak bergerak adalah kegiatan industri yaitu PLTU, kawasan industri, dan kegiatan domestik. Cara mengatasinya adalah dengan regulasi ketat untuk menaati baku mutu emisi cerobong asap industri, memasang alat pengendalian emisi gas buang industri yang berpotensi mencemari lingkungan, dan mewajibkan industri melakukan penghijauan.

Baca Juga :   Megawati Bercerita Kebingungannya Ditunjuk Ketua BRIN oleh Jokowi

“Pemerintah melalui dinas terkait wajib melakukan pengawasan ke Industri/PLTU/PLTGU/Kawasan industri secara periodik maupun sidak pada penerapan regulasi,” jelasnya dilansir dari Bisnis.com.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati