Fenomena Hari Tanpa Bayangan, Kapan Terjadinya?

Mitrapost.com – Fenomena Hari Tanpa Bayangan bakal terjadi tahun 2024 ini. Fenomena ini bisa terjadi karena matahari tepat berada di atas kepala pengamat, sehingga bayangan tak terlihat.

Fenomena ini juga disebut dengan hari kulminasi utama. Kulminasi adalah fenomena saat matahari berada tepat di posisi paling tinggi di langit. Kemudian saat deklinasi matahari sama dengan lintang pengamat disebut sebagai Kulminasi Utama.

Dilansir dari laman Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), posisi matahari dari bumi akan terus mengalami perubahan sepanjang tahun yaitu antara 23,5o LU s.d. 23,5o LS. Inilah yang disebut sebagai gerak semu matahari.

Posisi matahari yang berada di khatulistiwa sendiri akan terjadi pada tanggal 20 Maret 2024 pukul 10.06 WIB dan 22 September 2024 pukul 19.43 WIB.

Baca Juga :   News Grafis : Hari Ini! Fenomena Hari Tanpa Bayangan

Kemudian pada 21 Juni 2024 pukul 03.50 WIB, matahari akan berada di titik balik Utara dan pada 21 Desember 2024 pukul 16.20 WIB, matahari akan berada di titik balik Selatan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati