Amalan Sunah yang Bisa Dilakukan di Awal Idulfitri

Mitrapost.com – Dalam menyambut Idulfitri, akan lebih afdol dengan melakukan amalan-amalan sunah yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Amalan-amalan berikut ini dinilai dapat menambah pahala di awal 1 Syawal atau bertepatan dengan perayaan hari Kemenangan atau Idulfitri.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut adalah hal-hal yang bisa dilakukan di awal Idulfitri untuk meningkatkan jumlah pahala.

Makan sebelum salat Ied

Makan sekadarnya sebelum salat Ied merupakan suatu yang disunahkan. Rasulullah memakan beberapa butir kurma sebelum berangkat, sesuai dengan apa yang dikatakan Anas bin Malik, “Rasulullah tidak berangkat pada Idul Fitri hingga beliau memakan beberapa kurma,” (HR. Bukhari).

Dalam kitab Faidlul Qadir, diriwayatkan Rasulullah SAW memakan tujuh butir kurma sebelum shalat Ied.

Baca Juga :   Diskominfo Pati: Salat Ied Diperbolehkan Asal Protokol Kesehatan Ketat

Mandi sebelum salat Ied

Rasulullah SAW mandi saat Idulfitri dan Iduladha, dari Abdullah bin Abbas Radhiyallahu Anhuma, ia berkata, “Bahwasanya Nabi Shallallahu Alaihi wa Sallam mandi pada hari Idulfitri dan Iduladha,” (HR Ibnu Majah).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati