Ribuan Warga Saksikan Tradisi Larungan Kepala Kerbau di Jepara

Jepara, Mitrapost.com – Ribuan warga Jepara menyaksikan tradisi larungan kepala kerbau pada hari ini Rabu (17/4/2024).

Mereka memadati sekitaran TPI Ujungbatu sejak pukul 06.00 WIB. Ada juga pesta lomban yang digelar untuk memeriahkan tradisi tersebut.

Kepala kerbau telah ditata rapi dengan perlengkapan adat lain di dalam wadah, berbentuk miniatur kapal. Prosesi pengangkutan kepala kerbau ke kapal utama diiringi Tarian Sernemi. Dari TPI Ujung batu, kepala kerbau dibawa ke laut sebelah selatan Pulau Panjang Jepara.

Penjabat (Pj) Bupati Jepara Edy Supriyanta mengatakan bahwa tradisi turun temurun tersebut telah menjadi warisan budaya.

“Sesuai tradisi masyarakat Jepara, seminggu setelah Lebaran kita biasanya melaksanakan Pesta Lomban, di mana terdapat prosesi larungan kepala kerbau,” ujarnya.

“Mohon dipertahankan, Lomban ini semoga menjadi tradisi yang lestari,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Cabang Jepara Sudiyatno berharap nelayan bisa mendapatkan hasil laut yang melimpah dan diberikan keselamatan saat beraktivitas di laut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati