oleh

Minat Pemuda di Sektor Pertanian Rendah, Dewan Sarankan Pemkab Beri Stimulan

Pati, Mitrapost.com Dewan Pati mengatakan perlu ada stimulan dari pemerintah untuk membangkitkan minat para pemuda agar terjun ke sektor pertanian.

Hal tersebut disampaikan anggota Komisi B DPRD Pati, Narso, mengingat petani produktif di Kabupaten Pati banyak yang berusia senja sedangkan minat anak muda untuk terjun ke sektor pertanian berkurang signifikan. Terlebih, di Tahun 2020 produksi gabah giling Kabupaten Pati adalah yang tertinggi se Karesidenan Pati. Ketersedian pangan untuk tahun 2020 juga masih tercukupi bahkan surplus.

Menurut politisi partai PKS ini, beberapa penyebab utama turunnya minat pemuda di bidang pertanian adalah insentif yang kecil hingga rendahnya teknologi pertanian.

“Minat generasi muda untuk terjun di dunia pertanian memang menjadi keprihatinan kita. Karena yang pertama, insentif di sektor pertanian itu rendah. Kalau dibandingakan hampir sebesar UMR (Upah Minimum Regional) itupun dengan risiko gagal panen dan sebagainya.”

Baca juga: Produksi Gabah Kering Kabupaten Pati Diprediksi Meningkat Hingga 30 Ribu Ton

“Kemudian faktor kedua, stigma bahwa menjadi petani ini kurang bisa diandalkan untuk masa depan. Dan yang ketiga rendahnya teknologi yang digunakan untuk pertanian kita,” urainya kepada Mitrapost.com, Jumat (24/7/2020).

Untuk menyikapinya, Narso memeberikan rekomendasi kepada Pemkab (Pemerintah Kabupaten) Pati untuk memberikan insentif atau jaminan untuk petani sebagai stimulan kelompok tani muda agar tertarik bergerak di sektor pertanian.

“Bagaimana pemerintah untuk bisa memberikan insentif untuk para petani. Walaupun dengan penghasilan yang rendah, harusnya ada insentif dari pemerintah sehingga diharapkan insentif ini dapat menarik kaum muda. Misalnya insentif kesehatan, asuransi kesehatan untuk petani atau asuransi pertanian. Sehingga ada jaminan kepada kaum muda ini, sesuatu yang bisa diandalkan,” usulnya. (Adv/MA/UP/SHT).

Baca juga: 

 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur : Ulfa PS

Tentang Penulis: Moh. Anwar

Gambar Gravatar
Wartawan Area Kabupaten Pati

Berita Terkait