oleh

Atur Pola Hidup Sehat, Jangan Sampai Penyakit Lebih Dulu Menyerangmu

Mitrapost.com – Saat ini, banyak sekali penyakit-penyakit baru yang bermunculan dan belum ada obatnya, salah satunya yang menggemparkan dunia, adalah virus corona. Yang telah meluas dan menelan banyak korban hingga menggoyahkan perekonomian dunia.

Agar diri kita tidak mudah sakit, haruslah mengatur pola hidup sehat. Di bawah ini adalah beberapa kebiasaan yang harus mulai dilakukan sejak dini agar badan kita sehat selalu :

Perbanyak Minum Air Mineral

Menjaga diri agar tidak dehidrasi yaitu dengan selalu mengonsumsi air mineral. Penuhi kebutuhan air dalam tubuh, karena 60-70 % komposisi tubuh kita terdiri dari cairan.

Air mineral juga membantu dalam proses metabolisme tubuh dan ampuh mencegah segala jenis masalah kesehatan.

Menjaga Jam Tidur

Apabila jam tidur kita kurang, pasti tubuh akan merasa lelah dan tidak focus saat melakukan apapun. Oleh sebab itu, menjaga jam tidur sesuai dengan kebutuhan sangatlah dianjurkan, minimal untuk orang dewasa adalah 8 jam.

Berolahraga

Berolahraga dapat membuat tubuh kita menjadi lebih sehat, sempatkanlah untuk berolahraga, minimal seminggu sekali, atau 30 menit setiap harinya. Agar otot-otot dan tulang kita tidak kaku dan pasif.

Berolahraga tidak harus selalu gym, bisa dilakukan dengan jogging, atau bersepeda yang saat ini lagi menjadi tren di masa pandemi ini.

Makan-makanan Sehat

Menjaga pola hidup sehat dengan mengatur jam makan bahkan sampai tidak sarapan. Hal itu dapat mengganggu pencernaan kita. Selain itu, menjaga makanan yang kita konsumsi, seperti memakan buah-buahan, sayur-sayuran dan juga mengonsumsi vitamin dapat menjaga tubuh kita agar tetap sehat dan nutrisi yang di butuhkan tubuh terpenuhi.

Baca juga : Solusi Menjaga Telinga Agar Tetap Sehat

Apabila sedang melakukan diet, lakukanlah diet yang sehat dengan mengonsumi cemilan yang sehat seperi salad buah, ataupun jus buah.

Dan juga, jaga jumlah gula yang kita konsumi, lebih baik untuk lebih dini mengurangi apapun jenis gula agar tidak berpotensi memiliki penyakit diabetes ataupun penyakit kainnya.

Meditasi

Meditasi tak hanya dengan melakukan yoga yang duduk dan mengatur pernafasan. Meditasi dapat dilakukan dengan berbincang-bincang dengan teman, berlibur, atau dengan mendengarkan musik yang mampu tubuh ini tenang.

Hindari Asap Rokok

Perokok pasif maupun aktif sama-sama akan terkena dampak buruk rokok. Kandungan rokok dan asap yang dihasilkannya memberi pengaruh buruk terhadap kesehatan tubuh serta lingkungan sekitar. Usahakan untuk tidak merokok dan berdekatan dengan asap rokok, ya.

Cek Kesehatan

Untuk mengetahui kesehatan, kita dianjurkan untuk sering melakukan cek kesehatan. Agar lebih dini mengetahui apabila kita memiliki penyakit. Dan agar segera diobati. Cek kesehatan secara rutin bibasanya dilakukan tiap 3 bulan sekali.

Sayangi tubuh kita, jaga pola hidup sehat sejak dini. Jangan sampai penyakit lebih dulu menyerang tubuh, baru susah payah untuk melakukan hidup sehat. Semoga tips di atas bermanfaat. (*)

Baca juga : 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, instagram, dan twitter

Redaktur : Dwifa Okta

Komentar

Berita Terkait