Kabupaten Pati Menduduki Peringkat ke 23 Kasus TBC di Jawa Tengah

Baca juga : Di Tengah Situasi Pandemi, Dinkes Pati Masih Berupaya Tekan Angka DBD

“Di tahun 2020, kemarin kita hitung sampai bulan Juni, kita sudah mencapai 34% (yang sudah mendapat pelayanan). Harapannya di Desember 2020 akan melampaui target di 2019,” imbuhnya.

Sebagai tindakan pencegahan penularan TBC, Dinkes Pati memberikan beberapa saran. Diantaranya menerapkan protokol kesehatan dalam kegiatan sehari-hari hingga meminimalisir menggunakan AC yang menyebabkan ruangan lembab.

“Saya sarankan untuk masyarakat terutama yang berada di ruangan AC sebetulnya tidak baik. Ada baiknya kalau ada jendela dibuka dan AC dimatikan. Yang adem-adem itu yang disukai kuman TBC. Kemudian apabila kita berkumpul, baiknya pakai masker. Sebetulnya TBC bila terkena sinar matahari terik, menurut teori tidak ada 15 menit sudah bisa mati. Artinya dia suka kondisi yang lembab,” saran Joko.

Baca Juga :   Penjelasan Dinkes Pati Mengenai Mutasi Covid-19 dan Herd Immunity

Selain itu, katanya, tindakan preventif untuk petugas yang menangani dan pasien TBC juga harus diperhatikan protokol kesehatannya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati