Keutamaan dan 6 Manfaat Kebiasaan Membaca Doa Setelah Adzan

Mitrapost.com – Allah SWT akan memberikan pahala bagi siapa saja yang menjawab kumandang adzan, tak terkecuali seorang muadzin.

Bukan hanya tiap lafadz yang dianjurkan untuk dijawab umat muslim. Tapi juga adzan secara keseluruhan. Setelah adzan berhenti, terdapat amalan doa adzan.

Membaca doa setelah adzan hukumnya sunah. Ketahuilah beberapa keutamaan dan manfaat dari membaca doa tersebut.

Keutamaan membaca doa setelah adzan

Membaca doa setelah adzan mengandung banyak keutamaan di dalamnya. Dari Sa’ad bin Abi Waqqash, dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, berdasarkan hadist riwayat nomor 386.

“Siapa yang mengucapkan setelah mendengar adzan: Asyhadu alla ilaha illallah wahdahu laa syarika lah wa anna muhammadan ‘abduhu wa rasuluh, radhitu billahi robbaa wa bi muhammadin rosulaa wa bil islami diinaa (aku bersaksi bahwa tidak ada sesembahan yang berhak disembah selain Allah, tidak ada sekutu baginya, dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya, aku ridha sebagai Rabbku, Muhammad sebagai Rasul dan Islam sebagai agamaku), maka dosanya akan diampuni.”

Baca Juga :   Doa Rasulullah Agar Dijauhkan dari Rasa Malas

Manfaat membaca doa setelah adzan

  1. Mendapatkan syafaat

“Barangsiapa berdoa (membaca) setelah mendengarkan suara adzan (dengan do’a yang artinya): Ya Allah, Tuhan yang memiliki seruan sempurna ini serta shalat yang akan didirikan. Limpahkanlah kepada Nabi Muhammad derajat yang tinggi dan keutamaan, dan bangkitkan-lah beliau pada tempat yang terpuji yang telah Engkau janjikan, berhak-lah baginya untuk mendapatkan syafaatku (yaitu pertolongan Nabi dengan izin Allah) pada hari kiamat.” (HR Bukhari – Muslim).

  1. Dihapuskan dosanya

“Barangsiapa membaca ketika mendengarkan suara orang adzan dengan bacaan (artinya): “Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan kecuali Allah Yang Maha Esa yang tidak ada sekutu bagi-Nya. Dan bahwa Nabi Muhammad itu adalah hamba-Nya. Aku rela ber-Tuhan kepada Allah, dan terhadap Nabi Muhammad sebagai utusan-Nya dan dengan Islam sebagai agamaku”. Maka akan diampunilah dosanya.” (HR Muslim)

  1. Doanya diijabah atau dikabulkan

Rasulullah pernah bersabda yang artinya, “Ucapkanlah seperti ucapan muadzin, jika kamu telah selesai, berdoalah maka kamu akan diberi.” (HR Abu Daud 524 dan IbnHibban 1695 dan dihasankan Syuaib al-Arnauth)

  1. Surga bagi yang berdoa

Rasullullah bersabda yang artinya, “Siapa yang mengucapkan seperti yang dilantunkan orang ini Bilall dengan yakin akan masuk surga.” (HR Ahmad 8.624, Nasai 674 & Syuaib Al-Arnauth)

  1. Doa jadi saksi kebaikan dan mendapatkan husnul khatimah kelak

“Tidaklah suara adzan yang keras dari yang mengumandangkan adzan didengar oleh jin, manusia, segala sesuatu yang mendengarnya melainkan itu semua akan menjadi saksi pada hari kiamat.” (HR Bukhari 609)

  1. Mendapatkan pahala setimpal dengan 10 kali bershalawat

“Apabila anda mendengar muadzin, jawablah adzannya. Kemudian bacalah shalawat untukku. Karena orang yang membaca shalawat untukku seklai maka Allah akan memberikan shalawat untuknya 10 kali.” (HR Muslim 384) (*)