Dukung Sektor Ekonomi Lokal, Dewan: Perlu Pengelolaan SDA Pertanian

Pati, Mitrapost.com – Pemerintah dan masyarakat perlu bersinergi memanfaatkan potensi sumber daya lokal, terutama pengelolaan komoditas pertanian ke berbagai sektor. Pengelolaan komoditas pertanian dapat disesuaikan dengan potensi sumber daya alam pertanian di masing-masing wilayah.

Hal ini diungkapkan oleh Anggota Komisi B Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati, Dimas Thole Danu Tirto ketika dihubungi Mitrapost.com pada Rabu (3/2/2021). Menurutnya, masyarakat Pati dapat memanfaatkan komoditas pertanian bergantung pada hasil bumi di berbagai wilayah.

“Kalau di daerah saya di daerah Pati Selatan banyak penghasil padi dan jagung. Lalu di daerah timur banyak menghasilkan kacang-kacangan dan tebu. Kemudian, di daerah utara banyak menghasilkan ketela, kopi, dan bawang,” ungkap Dimas Thole Danu Tirto.

Baca Juga :   Meski Pandemi, Sektor Pertanian dan Perikanan di Pati Stabil

Baca juga: Dewan Pati Minta Pelaku Usaha Optimalkan Komoditas Pertanian

Merespons situasi seperti ini, Dimas mengungkap perlu adanya pemberdayaan program untuk masyarakat di wilayah pertanian. Tujuannya supaya mampu memberikan kesempatan kerja bagi masyarakat agar tidak menganggur dan memperoleh tambahan penghasilan dari sektor tersebut.

Seperti sektor pengolahan ke arah industri maupun pertanian itu sendiri. Pasalnya, sumber daya alam di Kabupaten Pati sangat mendukung untuk diolah menjadi kesempatan menciptakan harapan ekonomi masyarakat, khususnya masyarakat desa.

“Masyarakat di Kabupaten Pati banyak diuntungkan dengan adanya sumber daya alam yang mereka miliki, terutama pertanian. Hal tersebut menjadi daya dukung perekonomian masyarakat. Kita bisa lihat pabrik olahan kacang, pabrik olahan tebu, dan masih banyak lagi,” imbuh politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan tersebut.

Baca Juga :   Semua Fraksi Setujui Dua Raperda Agar Segera Disahkan Menjadi Peraturan Daerah

Baca juga: Dewan Pati Nilai PPKM Perlu Dikaji Lagi

Berdasarkan data dari Dinas Pertanian (Dispertan) Kabupaten Pati disepanjang tahun 2019 produksi pertanian padi mencapai 574.097 ton, di tahun 2020 hasil produksi pertanian bertambah menjadi 619.187 ton.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati