oleh

Vaksinasi Tahap Pertama Diharapkan Tepat Sasaran dan Sesuai Target

Pati, Mitrapost.com Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati mengimbau pemkab agar pelaksanaan vaksinasi Covid-19 tepat sasaran dan tuntas sesuai yang ditargetkan.

“Kami selaku Dewan Pati akan senantiasa memantau proses pelaksanaan vaksinasi hingga tuntas. Oleh sebab itu, vaksinasi harus sesuai target,” ujar Noto Subiyanto, Sekretaris Komisi D DPRD Pati pada Kamis (4/2/2021).

Selain itu, Noto juga mengingatkan supaya pelaksaan vaksinasi di Pati dapat berjalan dengan baik dan aman.

Dewan Pati menyoroti pelaksanaan vaksinasi tahap pertama yang saat ini tengah dilakukan. Capaian vaksinasi Covid-19 tahap pertama bagi tenaga kesehatan (nakes) masih sesuai target meskipun sempat ada trouble dalam pelaksanaannya.

Baca juga: Dewan Pati Dukung Vaksinasi Prioritaskan Pelayan Masyarakat

Hal itu sebagaimana telah disampaikan Bupati Pati Haryanto bahwa terdapat sejumlah kendala dalam tahap pertama vaksinasi.

“Vaksinasi tahap 1 akan diselesaikan untuk para tenaga kesehatan minggu depan, sebanyak lima ribu lebih melalui tahapan tersebut. Walaupun ada beberapa tenaga kesehatan yang mengalami trouble ketika divaksinasi,” ujar Bupati.

Berdasarkan temuan di lapangan, hingga kini 75% tenaga kesehatan telah divaksinasi. Hal ini diungkapkan oleh dr. Joko Leksono W selaku Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pati.

Baca juga: Ganjar Targetkan Vaksinasi Nakes di Jateng Selesai Pertengahan Februari

Vaksin Covid-19 yang telah didistribusikan di Kabupaten Pati totalnya sebanyak 853.374. Dengan sasaran secara rinci, tenaga kesehatan sebanyak 6.313 orang, pelayanan publik sebanyak 41.252 orang, dan masyarakat umum sebanyak 198.513 orang. Selain itu, masyarakat lansia sebanyak 187.044 orang serta masyarakat rentan sebanyak 420.252 orang.

Pada vaksinasi Covid-19 berikutnya akan diprioritaskan bagi Tentara Nasional Indonesia (TNI), Kepolisian Republik Indonesia (Polri), Pegawai Pemerintah, Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). Kemudian, dilanjutkan untuk masyarakat umum di masa vaksinasi tahap dua. (Adv)

Baca juga: 75 Persen Tenaga Kesehatan Pati Sudah Divaksinasi

 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur : Ulfa

Berita Terkait