oleh

Video : Ternak Itik Sato Iwen, Produksi Telur Asin hingga Budidaya Day Old Duck

Pati, Mitrapost.com – Kelompok Ternak Itik Sato Iwen yang berlokasi di Desa Langgenharjo, Kecamatan Margoyoso, Kabupaten Pati telah berdiri sejak 15 tahun yang lalu.

Kelompok Ternak Sato Iwen merupakan salah satu kelompok ternak itik yang ada di Kabupaten Pati. Selain memelihara itik, kelompok tersebut memproduksi telur asin dan membudidayakan Day Old Duck (DOD).

Istilah DOD dalam dunia peternakan memang lebih dikenal dengan budidaya bibit itik. Atau bisa juga disebut bebek yang baru menetas.

Sekretaris Kelompok Ternak Sato Iwen, Ngatono mengatakan jika produk unggulan dari kelompok tani diantaranya telur asin dan DOD.

“Kami memproduksi telur asin dan DOD,” ungkapnya kepada Mitrapost.com, Senin (8/3/2021).

Ia menyampaikan, jika produksi telur asinnya mampu menjadi faktor penguat ekonomi di tengah pandemi Covid-19. Karena telur asin merupakan salah satu makanan yang dapat disimpan hingga berhari-hari, dan dapat dijadikan alternatif lauk pauk.

Selain itu, dengan harga yang murah telur asin juga banyak mengandung gizi yang baik untuk kesehatan, diantaranya kalsium dan mineral.

Sementara harga telur asin biasa di Kelompok Ternak Sato Iwen Rp2.500 per butir. Sedangkan harga telur asin asap Rp3.000 per butir.

Selain memproduksi telur asin, Ngatono juga menjelaskan terkait budidaya DOD.

“Kami memasukkan telur itik ke dalam mesin pembuatan DOD. Selang tiga bulan, telur-telur itu akan mentaskan anakan itik,” imbuhnya.

Tentang Penulis: Redaksi Video

Gambar Gravatar
Tim Redaksi Khusus Video dan Konten

Berita Terkait