Video : Dispertan Pati Ajak Petani Budidayakan Padi M70d

“Kita mencoba memaksimalkan lahan. Supaya produknya maksimal kita menggunakan varietas umur pendek/genjah supaya nanti kebutuhan air untuk tanaman itu bisa maksimal,” Kata Sudiyanto selaku Penyuluh Petani Lapangan Kelompok Jabatan Fungsional (PPL KJF) Kecamatan Batangan saat diwawancara dalam acara, hari ini (9/3/2021).

Kholis Dwi Yullianto, Penyuluh Pendamping Desa Gunungsari, menambahkan bahwa budidaya padi M70d oleh Kelompok Tani Karya Lestari ini juga dilakukan dengan cara organik untuk mengurangi ketergantungan para petani terhadap pupuk kimia sintetis.

Selain itu Dispertan Pati bersama para petani setempat juga mengemban misi ingin menstabilkan kembali unsur hara tanah di Desa Gunungsari setelah bertahun-tahun digantikan pupuk kimia.

“Yang kedua berkaitan kondisi kesuburan tanah, yang kita lihat tanah di sini itu C-organiknya 2 persen padahal kita butuh 4-9 persen: Jadi saya ingin unsur hara itu terpenuhi di tanah supaya tanaman itu bisa mengambil makanan dari tanah itu sendiri tidak usah ambil kimia terus,” terang Kholis.