oleh

Video : Peran Legislatif dalam Pembangunan Daerah

Pati, Mitrapost.com – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati, Ali Badrudin hadiri acara pemaparan program Penilaian Tahap Dua Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) tingkat Nasional, Senin (22/3/2021).

Di tengah pandemi Covid-19, acara dilakukan melalui video conference dan disaksikan oleh sejumlah pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Pati.

Dalam acara tersebut Ali berkesempatan memaparkan peran DPRD Pati dalam ajang PPD tingkat nasional itu.

Ali memaparkan sebagai upaya pembangunan daerah, DPRD mempunyai fungsi pengawasan, penganggaran, dan mengajukan dan mengawasi peraturan daerah.

Melalui anggaran pokok pikiran (Pokir), legislatif juga menjaring aspirasi masyarakat yang kemudian akan ditindaklanjuti oleh eksekutif (Pemkab) saat perancangan APBD.

“Untuk pokir kita dapatkan dari reses, kita galang usulan dari masyarakat atau konstituen,” papar Ketua DPRD dan Politisi dari PDIP itu kepada Para penilai, Senin (22/3/2021).

“Kami juga mengikuti Musrengbang (Musyawarah Perencanaan Pembangunan) untuk menampung aspirasi dari berbagai golongan masyarakat mulai dari anak-anak difabel, tokoh agama dan tokoh lain, menjadi Pokir usulan teman DPRD. Sebelum disampaikan ke Bupati kami rapatkan, kami paripurnakan dengan 50 anggota DPRD,” imbuh Ali.

Sementara pemaparan beberapa inovasi Pemkab diutarakan oleh Kepala Bappeda Kabupaten Pati, Pujo Winarno.

Tentang Penulis: Redaksi Video

Gambar Gravatar
Tim Redaksi Khusus Video dan Konten

Berita Terkait