oleh

Membersihkan Telinga Tanpa Cotton Bud

Mitrapost.com Cotton bud atau pengorek kuping menjadi alat andalan untuk membersihkan kotoran telinga. Tapi membersihkan telingga menggunakan cotton bud ini justru dapat berakibat fatal jika salah dalam penggunaannya.

Melansir Alo Dokter, benda berwarna kuning pada telinga sebenarnya bukanlah kotoran telinga. Ia adalah ear wax yang merupakan produksi alami dari kelenjar minyak di liang telinga. Keberadaan ear wax ini justru berfungsi melindungi telinga, memerangkap debu, menghambat pertumbuhan kuman, serta menjaga agar air tidak masuk ke dalam telinga.

Selain menghambat benda asing masuk ke dalam telinga, rupanya telinga mampu membersihkan dirinya. Yakni ketika kita berbicara, mengunyah serta aktivitas yang menggerakkan rahang. Ear wax akan keluar dengan sendirinya saat gerakan rahang membuat otot pipi bergerak.

Baca juga: Infeksi Telinga Dapat Mengganggu Pendengaranmu

Sedangkan membersihkan telinga dengan cotton bud, seperti ditulis oleh laman Halodoc, justru akan membuat kotoran semakin masuk ke dalam rongga telinga. Akibat jangka panjangnya jika mengendap pada bagian dalam telinga justru akan membuat kotoran menjadi keras dan menghambat sirkulasi dalam telinga yang akhirnya menimbukan gangguan pendengaran.

Nah berikut ini cara membersihkan kotoran telinga secara aman berdasarkan artikel Hello Sehat

Tetes telinga

Gunakan obat tetes telinga untuk membersihkan kotoran telinga. Obat ini bekerja dengan melunakkan gumpalan ear wax sehingga mudah dikeluarkan.

Jeda dua hingga tiga hari setelah menggunakan obat tetes telinga, miringkan kepala dan teteskan air hangat ke dalam saluran telinga. Lalu meiringkan ke sisi lain untuk mengeluarkan kotoran telinga.

Minyak zaitun dan baby oil

Minyak zaitun dan baby oil bisa digunakan untuk membersihkan tumpukan ear wax yang terlalu kering.

Caranya lembapkan bagian dalam telinga dengan menggunakan minyak zaitun atau baby oil. Cukup dengan meneteskan beberapa tetes minyak ke telinga yang bermasalah dan tunggu kira-kira lima menit. (*)

Baca juga: Minyak Kelapa dan Manfaatnya untuk Perawatan Rambut

 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur: Ulfa PS

Tentang Penulis: Redaksi

Gambar Gravatar
Redaksi Mitrapost.com

Berita Terkait