oleh

Stok Daging di Pati Diharapkan Mampu Cukupi Kebutuhan Masyarakat

Pati, Mitrapost.com – Stok daging di Kabupaten Pati mengalami surplus, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati berharap stok daging mampu mencukupi kebutuhan pokok masyarakat. Hal ini disampaikan oleh Anggota Komisi B DPRD Kabupaten Pati, Narso.

Ia mengungkapkan sektor peternakan di Kabupaten Pati diprediksi mampu menyokong kebutuhan daging masyarakat. Khususnya masyarakat yang khawatir jika terjadi kelangkaan harga daging.

Apalagi kebutuhan pokok masyarakat dapat diperkirakan mengalami kenaikan di bulan Ramadan.

“Dikhawatirkan ketika stok daging tidak mampu mencukupi kebutuhan masyarakat, maka harga daging di pasar menjadi naik sehingga menyebabkan masyarakat kuwalahan dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari,” ungkap Ketua Fraksi Nurani Keadilan Rakyat Indonesia (NKRI).

Baca juga: Sektor Peternakan Harus Mampu Menekan Impor Daging

Selain itu, Narso pun berpendapat jika potensi peternakan yang ada di Indonesia mampu ditingkatkan demi memasok kebutuhan daging. Bahkan ia mengungkapkan bahwa peluang budidaya ternak sangat mendukung bilamana dilakukan di berbagai wilayah Indonesia dengan manajemen budidaya ternak yang baik.

Pernyataan tersebut ia tujukan untuk melihat potensi peternakan di Kabupaten Pati yang tengah mengalami perkembangan manajemen pengelolaan yang mulai modern.

“Ketika kita memiliki ternak yang berkualitas, maka ternak tersebut dapat dikelola untuk menjadi sumber kebutuhan pangan lokal,” ujarnya.

Berdasarkan pernyataan Dirjen Peternakan dan Hewan Kementerian Pertanian (Kementan) Republik Indonesia, Nasrullah jumlah sapi yang tersedia di Pati diproyeksi mampu memenuhi kebutuhan stok daging hingga di wilayah Jabodetabek dan Bandung pada Ramadan 2021 mendatang.

Meski harga sapi lokal yang tersedia di daerah saat ini cukup kompetitif, ia berharap hingga Ramadan harganya tak sampai naik signifikan. Hal tersebut semakin dikuatkan dengan pernyataan Wakil Bupati, Saiful Arifin. Menurutnya, stok daging hingga akhir tahun dipastikan mampu mencukupj kebutuhan daging dalam kota dan sekaligus siap menjadi distributor daging ke kota-kota besar. Pasalnya tahun ini produksi daging di Bumi Mina Tani mengalami surplus. (Adv)

Baca juga: 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur: Atik Zuliati

 

Komentar

Berita Terkait