Video : Kondisi Cuaca Pengaruhi Hasil Panen Alpukat

Pati, Mitrapost.com – Cuaca ekstrim tak hanya mempengaruhi produktivitas tanaman padi dan cabai, komoditas tanaman alpukat juga diketahui terdampak oleh curah hujan tinggi yang terjadi belakangan ini.

Supomo selaku Koordinator Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Kecamatan Cluwak Dinas Pertanian (Dispertan) Pati mengungkapkan hasil panen alpukat di Cluwak di awal tahun mengalami penurunan cukup signifikan. Rata-rata pohon alpukat hanya mampu menghasilkan buah sebanyak dua kwintal.

“Untuk produksi dan hasil panen tahun ini kurang maksimal, karena ada hujan yang tinggi. Produksinya tahun ini kurang bagus,” ungkap Supomo Kepada Mitrapost.com, Senin (29/3/2021).

Ia menambahkan selain hasil panennya yang turun, banyaknya kandungan air dalam buah juga mempengaruhi kualitas dari alpukat yang dipanen. “Kualitas barang masih bagus kemarin. Sekarang barangnya kurang mulus,” imbuh Supomo.

Baca Juga :   Video : 6 Warga Desa Ketip Ditangkap Polres Pati Lantaran Berjudi

Turunnya kualitas komoditas ini tentunya mempengaruhi harga buah. Di pasaran saat ini buah alpukat masih dihargai Rp15 ribuan, padahal tahun sebelumnya harganya bisa lebih.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati