Kasus Covid-19 Menurun, Dewan Minta Penanganan Tak Kendor

Pati, Mitrapost.com – Meski di laman https://covid19.patikab.go.id tak menunjukkan adanya penambahan kasus covid-19 baru, Ketua Fraksi Nurani Keadilan Rakyat Indonesia (NKRI), Narso minta masyarakat tak kendorkan penerapan protokol kesehatannya. Data tersebut bukan artinya pandemi Covid-19 bisa dikendalikan sepenuhnya.

Narso menganggap turunnya angka Covid-19 lantaran aktivitas Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTTP) Covid-19 dalam lakukan penulusuran kontak (contact tracing) juga menurun. Pasalnya, dipantau sudah tak banyak lagi program rapid dan swab test dari pemerintah.

Selain itu, kesadaran masyarakat untuk laporkan gejala covid-19 sangat rendah karena gejala covid-19 masih dianggap tabu. Artinya, dengan berkurangnya program contact tracing dari pemerintah orang tanpa gejala (OTG) covid-19 sulit diidentifikasi.

Baca Juga :   Penyebab Harga Garam Pati Turun Hingga Rp 300 per Kilo

Baca juga: Ada Kerumunan di Sejumlah Titik, Dewan Pati Akan Evaluasi Pilkades 2021

“Kita tidak boleh lengah dengan tidak ada kasus di Pati beberapa hari ini. Meski minim sekali pertumbuhannya kita harus berjaga karena tidak ada kasus itu ada dua kemungkinan, memang betul tidak ada kasus atau tidak terlaporkan. Karena yang disebutkan hanya kasus terkonfirmasi,” ujar politisi dari Partai Keadilan Sejahtera sekaligus Anggota Komisi B DPRD itu, Sabtu (17/4/2021).