oleh

Tanaman Porang Populer, Pemda Perlu Fasilitasi Petani

Pati, Mitrapost.com Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati mengimbau pemerintah agar mulai memperhatikan komoditas tanaman porang yang kini mulai populer.

Anggota Komisi B DPRD Kabupaten Pati, M. Nur Sukarno mengatakan komoditas porang perlu diperhatikan serius sejak masa tanam sampai dengan pasca panen. Karena tanaman tersebut memiliki banyak manfaat untuk kebutuhan berbagai sumber produksi.

BPKAD Pati

“Pemerintah harusnya lebih memberikan perhatian secara masif pada tanaman ini. Sejak masa tanam dari petani, pengolahan di tahap industri, dan pemasarannya pada pasca panen,” ungkap politisi Parta Golongan Karya (Golkar) tersebut, Jumat (16/4/2021).

Baca juga: Menembus Pasar Ekspor, Budidaya Porang Perlu Difasilitasi

Tak hanya itu, lokasi tanam harus ditentukan dengan tepat. Menurutnya syarat lokasi budidaya harus di bawah tanaman tegak atau berdekatan dengan tanaman teduh. Sehingga terhindar dari terik matahari.

“Tanaman ini sangat cocok ditanam di wilayah yang teduh. Terutama terhindar dari terik matahari. Seperti di hutan atau lahan Perhutani. Dengan catatan tidak merusak tanaman utama hutan,” ujar Sukarno.

Baca juga: BPP Wedarijaksa Bakal Beri Pelatihan Perencanaan Usaha Pertanian

Selain itu, ia mengatakan pemerintah perlu memfasilitasi petani dengan alat pengolah hasil produksi porang.

“Yang tidak kalah penting adalah disediakan sarana pengolah porang. Yakni tempat perajang dan alat pengeringan porang.”

Seiring dengan perkembangan budidaya porang yang menjanjikan. Ia berharap jangan sampai terjadi over produksi pada komoditas tersebut karena akan menyebabkan jatuhnya harga porang. (Adv)

Baca juga: Tak Perlu Pestisida Kimia untuk Kendalikan Hama Padi

 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur: Ulfa PS

Komentar

Berita Terkait