oleh

Rasa Asam Teh Herbal Rosela dan Manfaatnya Bagi Tubuh

Mitrapost.com Tanaman rosela dikenal dapat dimanfaatkan sebagai teh herbal. Tanaman yang memiliki nama latin hibiscus sabdariffa juga kerap diolah menjadi berbagai macam produk herbal lainnya seperti selai, sirup, dan obat herbal.

Melansir lalman The Asian Parent disebutkan bahwa ekstrak rosela dapat menghambat aktivitas bakteri E-coli yang menyebabkan diare.

BPKAD Pati

Sebagai teh herbal yang memiliki rasa asam, rosela diketahui memiliki kemampuan menyembuhkan 4 kali lebih besar daripada daun kumis kucing. Teh rosela juga mempunyai antioksidan yang kuat, sehingga baik memelihara kesehatan organ tubuh manusia.

Di dalam teh rosela terkandung zat istimewa di antaranya senyawa fenolik, glukosa hibiscin, dan antosianin.

Baca juga: Tak Hanya Menyehatkan, 6 Makanan Ini Ampuh Meredam Stres

Berikut ini manfaat teh rosela untuk kesehatan serta kecantikan tubuh melansir dari laman Alo Dokter:

Mencegah risiko obesitas

kandungan antioksidan polifenol dan flavonoid dalam tanaman rosella mampu menghambat dan mengurangi penumpukan jaringan lemak dalam tubuh, sehingga membantu mencegah obesitas.

Mengatasi kolesterol tinggi

Tanaman rosela dipercaya mampu menghambat penyerapan asam lemak jenuh serta menurunkan kadar trigliserida dan kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh. Selain itu, rosela juga bermanfaat untuk menjaga kadar gula darah tetap stabil, menurunkan kadar kolesterol total, serta meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL).

Baca juga: Manfaat Alpukat untuk Diet

Menurunkan tekanan darah

Ekstrak tanaman rosela mampu menurunkan tekanan darah pada penderita metabolik. Penyakit ini ditandai dengan peningkatan tekanan darah, gula darah, kolesterol, serta berat badan.

suplemen maupun teh rosela juga diketahui dapat menurunkan tekanan darah dan mencegah hipertensi atau tekanan darah tinggi. Namun, penggunaan teh rosela sebagai obat untuk mengatasi hipertensi tentunya harus dikonsultasikan lebih dulu dengan dokter.

Mencegah penyakit jantung

Selain baik untuk mengatasi kolesterol tinggi, rosela juga bermanfaat untuk mengurangi risiko terjadinya penyakit kardiovaskular, seperti penyakit jantung, aterosklerosis, dan stroke. (*)

Baca juga: 7 Macam Makanan Sehat bagi Jantung

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur: Ulfa PS

Tentang Penulis: Redaksi

Gambar Gravatar
Redaksi Mitrapost.com

Komentar

Berita Terkait