oleh

Video : Komunitas Sedekah Rombongan Sewakan Oksigen Gratis untuk Warga Pati

Pati, Mitrapost.com – Melonjaknya kasus Covid-19, dan langkanya stok oksigen baik di fasilitas kesehatan maupun apotek melatarbelakangi sebuah komunitas bernama Sedekah Rombongan disingkat SR menyediakan oksigen gratis bagi warga isolasi mandiri (isoman) di area Kabupaten Pati. Warga dapat meminjam tabung oksigen selama 5-7 hari sesuai ketentuan yang berlaku.

“Dengan adanya fenomena ini sedekah rombongan hadir semampu kami untuk memenuhi kecukupan kebutuhan oksigen dengan cara peminjaman secara gratis dengan periode 5-7 hari terutama bagi pasien Covid-19 yang isoman dan sangat urgen,” kata Imam Teguh salah seorang koordinator SR saat diwawancara, Kamis (22/7/2021).

Bpkad Pati

Agar tepat sasaran, sebelum meminjamkan oksigen SR mengharuskan para pasien untuk melengkapi berberapa persyaratan SOP peminjaman oksigen diantaranya menunjukkan bukti swab positif atau bukti isoman disertai sesak napas. Pihak pengaju datang ke garasi SR mengisi data administrasi dan membawa KTP sebagai jaminan.

Baca Juga :   Video : Foto Bupati Pati Tak Bermasker Dihujat Netizen, Dewan: Pejabat Publik Harus Hati-hati

Setelah digunakan, oksigen dan pasien wajib difoto dan dikirim ke admin. Tabung dikembalikan ke garasi dalam kondisi terisi oksigen ataupun kosong.

Jika dalam 7 hari pasien isoman masih merasakan sesak napas, waktu boleh diperpanjang dengan menunjukkan pasien via videocall. keluarga peminjam bisa datang ke Depo untuk isi ulang.

Imam mengaku gerakan peminjaman Oksigen SR ini baru dimulai sejak awal Juli, namun belum sebulan pihaknya sudah kuwalahan memenuhi permintaan warga.

Oksigen didapat dari open donasi di media sosial maupun dari mulut ke mulut. Hingga sekarang SR telah mempunyai 20 tabung kecil untuk dipinjamkan kepada masyarakt secara bergantian. dan beberapa tabung besar untuk isi ulang. Jumlahnya akan terus ditambah seiring jumlah donasi.

Baca Juga :   Video : Minim Penjagaan, Penyekatan di Jalan Masuk Pati Kota Sering Diterobos

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

 

Diskominfo Pati Gelar Pertunjukan Ketoprak Virtual Dalam Upaya Tekan Peredaran Rokok Ilegal

Komentar

Berita Terkait