oleh

Kemenkes Pastikan Stok Vaksin Cukup

Mitrapost.com – Juru Bicara Vaksinasi dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Siti Nadia Tarmizi pastikan stok vaksin mencukupi.

“Kami punya stok cukup vaksin, tapi harus dipahami bahwa vaksin itu tidak bisa sekaligus vaksinasi semua sasarannya, karena dosis vaksin juga datang bertahap,” ungkap Siti Nadia saat dikonfirmasi, Kamis (5/8/2021).

Ia menuturkan, masyarakat diminta untuk bersabar karena vaksin akan didistribusikan secara bertahap.

Menanggapi adanya kekosongan vaksin di beberapa daerah, lanjut Nadia, disebabkan data stok vaksin tidak diperbarui. Sehingga Kemenkes melihat stok vaksin di daerah masih aman.

“Kami sudah mendistribusikan pada pekan ketiga itu tiga juta untuk vaksin dosis kedua dan yang pekan keempat ini ada sekitar enam juta. Nanti kami akan kirim lagi sekitar enam juta,” ujarnya.

Baca Juga :   Video : Stok Vaksin di Rembang Kian Menipis

Nadia juga menuturkan, antusiasme masyarakat yang tinggi untuk mengikuti vaksinasi juga mempengaruhi persediaan vaksin di Tanah Air.

“Sekarang ini vaksinasi tidak ada batasan khusus, artinya siapapun, usia di atas 12 tahun bisa divaksin. Jadi tentu harus cermat mengatur kuota vaksinnya,” terangnya.

Sebagai informasi, Direktorat Jenderal (Ditjen) Kefarmasian dan Alat Kesehatan Kemenkes melaporkan hingga Senin (2/8/2021), vaksin yang telah didistribusikan ke 34 provinsi sebanyak 90.988.817 dosis. Sementara 68.641.750 dosis di antaranya telah digunakan. (*)

 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur: Mila Candra