Kenali 4 Gejala Kanker Ovarium

Mitrapost.com – Kanker ovarium merupakan kanker yang muncul di jaringan indung telur. Kanker ovarium lebih sering terjadi pada wanita pascamenopouse.

Hingga kini, penyebab kanker ovarium belum diketahui dengan pasti. Namun, kanker ovarium lebih sering terjadi pada wanita lanjut usia dan wanita yang memiliki keluarga dengan riwayat kanker ovarium.

  1. Perut kembung

Kebanyakan wanita memiliki perut kembung dan bengkak kadang-kadang, terutama pada periode pramenstruasi atau setelah makan dalam jumlah besar. Tingkat keparahan perut kembung saat periode pramenstruasi dapat bervariasi dari ringan hingga parah. Tetapi, keluhan ini sering terjadi setiap hari dan dapat memburuk seiring waktu.

Perut kembung juga bisa terjadi akibat adanya gangguan pencernaan ringan. Karena gejala ini tidak kentara, perhatikan apakah pakaian Anda terasa ketat di sekitar lingkar pinggang, bahkan saat berat badan Anda tidak bertambah.

Baca Juga :   Gigi Ngilu Mengganggu, Ikuti Tips Berikut untuk Mengatasinya

Anda juga bisa berdiri di depan cermin. Anda mungkin tidak hanya merasa kembung tetapi juga bisa melihatnya di cermin. Sebagian besar waktu, perut kembung dengan kanker ovarium dini dianggap terkait dengan usia, menopause, atau kenaikan berat badan. Merasakan perut kembung selama lebih dari satu atau dua hari bisa menjadi alasan untuk khawatir.

  1. Nyeri atau tekanan di panggul

Nyeri panggul yang terasa seperti kram menstruasi juga umum terjadi pada tahap awal kanker ovarium. Seperti halnya perut kembung, banyak wanita biasanya mengalami nyeri panggul, terutama selama menstruasi.