Video : Curah Hujan Tinggi, Petani Tembakau di Rembang Terancam Merugi

Rembang, Mitrapost.com – Kondisi curah hujan yang tinggi selama beberapa pekan terakhir di sejumlah daerah, berpotensi merusak tanaman tembakau di wilayah kabupaten Jombang, khususnya di wilayah Gilis Kecamatan Sarang. Tampak puluhan tanaman tembakau layu dan mati.

Akibatnya, sejumlah petani tembakau terpaksa mengcangkuli lahan dan membongkar tanaman tembakaunya dan mengganti dengan bibit yang baru.

“Hujan selama 3 hari berturut turut, yang terjadi pada hari Jum’at sampai Senin ini, menyebabkan tananaman tembakau jadi layu dan mati. Sebab akarnya membusuk tergenang air,” ungkap Sumarji kepada wartawan Mitrapost.com.

Masih kata sumarji, di lahan seluas 3.500 meter persegi  terpaksa ia bongkar, lantaran tanaman tembakau yang sudah setinggi 30 Sentimeter sudah layu dan Mati.  Sehingga dirinya memprediksi bakal merugi, jika hujan masih terus mengguyur.

Baca Juga :   Video : Panen Raya di Lahan 13.000 Ha, Kapolda Jateng Puji Kedisiplinan Warga Demak

“kalau tembakau masih kecil, masih ada harapan, walaupun layu begini karna belum dipupuk. Kalau yang besar, tidak bisa. Dan kalau sampai akhir September dan curah hujan masih tinggi, bisa dipastikan seluruh petani tembakau akan gagal panen dan merugi” pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati