Lewat MTQ Pelajar, Kemenag Tingkatkan Jumlah Peminat Seni Khat

Salah satu langkah Kementerian Agama untuk melestarikan seni tulisan ini diantaranya menyematkan cabang lomba kaligrafi naskah dalam setiap perlombaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ).

“Kemenag nanti tanggal 29 september 2021 akan mengadakan MTQ Pelajar ke 38 Tingkat Kabupaten Pati, yang rencananya pelaksanaan Musabaqahnya di MAN 1 Pati,” terang Taufik yang juga menjabat sebagai Penyuluh Agama Islam Fungsional di Kantor Kemenag Pati itu.

Tak hanya dengan lomba dan festival, di masing-masing kecamatan juga diupayakan dibentuk komunitas para ahli Quran dan kaligrafi.

Seperti sektor lain Taufik mengaku di masa pandemi pembinaan kepada para seniman khat di madrasah juga sempat mengalami kendala.  Pelatihan berjalan kurang optimal karena dilakukan secara daring. Selain itu pertemuan komunitas dan lomba-lomba MTQ juga sulit digelar.

Baca Juga :   Usai Penutupan Stadion, KONI Instruksikan Atlet Cabor Latihan Mandiri Total

Oleh karenanya di masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 2 ini ia berharap pemerintah memberikan kelonggaran kepada masyarakat untuk beraktivitas sehingga pembinaan bisa kembali dilakukan.(*)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati