oleh

Cara Gunakan Gadget Agar Aman Bagi Mata

anda ingin cepat kaya kerja sambil jalan - jalan di luar negeri? dan dapatkan gaji jutaan rupiah!! hubungi 0821-3869-9954

Mitrapost.com – Gangguan mata pada anak akibat gadget semakin bertambah. Hal yang dapat terjadi antara lain kelelahan pada mata (astenopia), mata kering dan rabun jauh (miopia). Pengaruh gadget tidak secara langsung menimbulkan rabun jauh, namun aktivitas melihat dekat yang dilakukan secara berlebihan dapat menyebabkan terjadinya rabun jauh.

Mengingat kondisi saat ini, anak-anak dihadapkan dengan berbagai aktivitas daring. Sehingga mengharuskan mereka melakukan setiap kegiatan dengan memanfaatkan perangkat gadget.

Oleh karena itu, untuk mencegah terjadinya rabun jauh, disarankan agar anak-anak dapat meningkatkan aktivitas di luar rumah agar mata bisa beristirahat. Lalu, bagaimana aturan penggunaan gadget agar mata anak tetap sehat ?

Cara-caranya sebagai berikut :

1. Berikan Batasan Waktu

Baca Juga :   5 Jenis Buah-Buahan Tinggi Gula dan Kalori

Penggunaan gadget pada anak sebaiknya dibatasi maksimal 2 jam sehari, termasuk bermain game, menonton televisi, menatap layar komputer/laptop/handphone. Hal tersebut dilakukan supaya mata dapat beristirahat sehingga kondisi penglihatan dapat menjadi relaks.

2. Hindari Penggunaan Satu Waktu

Penggunaan gadget sebaiknya tidak dilakukan dalam satu waktu. Artinya, setiap 30 menit menatap layar sebaiknya diselingi dengan aktivitas melihat jauh (lebih dari 6 meter) selama 20 detk. Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya gangguan pada mata.

3. Perhatikan Jarak Pandang

Jarak pandang mata ke gadget juga harus diperhatikan. Jarak yang baik antara mata dengan gadget adalah sekitar 30-40 cm. Usahakan juga agar posisi gadget lebih rendah dari posisi mata, yaitu membentuk sudut sekitar 15˚. Selain itu, metode ini juga dapat dilakukan u tuk mengatur jarak saat menonton televisi sekitar 4-5 kali diagonal televisi.

Baca Juga :   5 Tips Menjaga Kolesterol Stabil saat Hari Raya Kurban

4. Jangan Sambil Rebahan

Hindari membiasakan bermain gadget sambil rebahan. Apabila sedang menonton menggunakan gadget, usahakan agar anak tidak terlalu dekat dengan layer.

5. Atur Pencahayaan Dengan Baik

Pencahayaan gadget sebaiknya tidak terlalu terang. Pasalnya, pencahayaan yang terlalu terang dapat mempercepat timbulnya mata lelah. Pencahayaan ruangan juga harus diatur sedemikian rupa agar tidak terlalu kontras dengan pencahayaan dari gadget. Ruangan yang terlalu redup akan menyebabkan kontras yang berlebihan sehingga akan membuat mata menjadi tidak nyaman.

6. Biasakan Berkedip secara Teratur

Pada saat anak sedang berkonsentrasi menggunakan gadget, refleks berkedip akan berkurang. Hal ini menyebabkan mata menjadi kering. Oleh karena itu, ingatkan anak agar berkedip secara teratur saat sedang menggunakan gadget. Bila kondisi sudah lelah sarankan agar mereka beristirahat.

Baca Juga :   8 Makanan untuk Meningkatkan Serotonin, Hidup Penuh Kebahagiaan

Selain mengantisipasi gangguan penglihatan mata anak dengan bberapa cara di atas. Sebagai orang tua hendaknya melatih dan membiasakan anak untuk rajin mengonsumsi sayur dan buah yang mengandung vitamin A, karena baik untuk kesehatan mata. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Googlenews. silahkan Klik Tautan https://bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

 

Video Viral

Komentar