Hari Ini! Fenomena Hari Tanpa Bayangan di Semarang, Surabaya, Bandung

Mitrapost.com– Tanggal 11 Oktober 2021 menjadi hari tanpa bayangan pada sejumlah kota besar di Indonesia seperti Semarang, Surabaya, dan Bandung.
Hari Tanpa Bayangan Matahari adalah fenomena alam ketika posisi matahari berada tegak lurus 90 derajat saat lewat di atas Indonesia. Biasanya, Matahari tidak pernah benar-benar tegak lurus karena faktor rotasi Bumi.
Dilansir dari situs Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), seperti yang disampaikan oleh peneliti Sains dan LAPAN mengungkapkan pada saat hari tanpa bayangan maka akan terbentuk seseorang yang berdiri di sinar matahari tidak ada bayangan dari benda tegak tak berongga di tengah hari.
Indonesia mengalami fenomena alam unik ini dua kali dalam setahun. Pada bulan ini, fenomena tersebut sudah terjadi sejak 6 September 2021 dan masih akan berlangsung hingga 21 Oktober mendatang. Sebelumnya, fenomena serupa sudah terjadi di akhir Februari hingga awal April 2021 lalu. Untuk di Semarang, Surabaya, dan Bandung fenomena ini terjadi pada tanggal 11 Oktober 2021.