oleh

Minat Pengembangan UMKM di Rembang Meningkat

Rembang, Mitrapost.com – Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kabupaten Rembang mengalami peningkatan dalam kategori normal. Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi UKM (Dinindagkop UKM) menaungi jumlah dan kualitas UMKM. Di era pandemi, masyarakat berduyung – duyung untuk berwirausaha karena dirumahkan dari pekerjaan.

Kabid Koperasi dan Usaha Mikro Dinas Perindagkop dan UKM Rembang, Idha Hayu Megayati menyampaikan bahwa pihaknya sebagai ujung tombak dalam kemajuan UMKM meliputi pembinaan, pelatihan hingga pemasaran. Pembinaan tersebut pada UMKM dalam segala bidang. Meliputi perikanan, kuliner, pertanian, seni ketrampilan hingga tata busana.

Pbb - Mitrapost.com

Banner Bphtb - Mitrapost.com

“Kuliner merupakan usaha berkembang pesat melalui online. Salah satu ujung tombaknya keberhasilan melalui menampilkan orang – orang yang berkompeten untuk mengajari pihak- pihak UMKM,” ujar Idha kepada Mitrapost.com, Sabtu (16/10/2021).

Baca Juga :   Pemkab Rembang Belum Pastikan Pelaksanaan Salat Iduladha

Pelatihan tersebut menantang para UMKM untuk mempraktekkan teori – teori yang sudah diajarkan agar mandiri. Ia menyebut, pengemasan kripik merupakan salah satu bentuk teori yang diajarkan. Pengemasan kripik dilakukan untuk memberikan testimoni perihal kualitas produk dan pemberian sertifikasi halal.

“UMKM Rembang dapat memajukan perekonomian tersebut melalui kreativitas dan inovasi yang sudah diberikan melalui pemaparan kami melalui anggaran yang telah dicanangkan. Kemandirian dalam berwirausaha patut diperhatikan sehingga UMKM dapat mengembangkan produksinya untuk diputar sehingga berhasil,”ujar Idha.

Ia berharap, UMKM tidak bergantung pada pemerintah sehingga kemandirian dapat terbentuk. UMKM mengalami paceklik sehingga dengan penghasilan yang ada produksi dapat berjalan walaupun ada hambatan.

Baca Juga :   Kurun Waktu 3 Bulan, 63 PNS di Kabupaten Rembang Purna Tugas

“Fakta dilapangan menyebutkan perkembangan UMKM diberbagai daerah bersifat merata. UMKM dan penghasilan yang didapat tidak mengalami fluktuasi atau bersifat netral,” ungkapnya.

Diharapkan dengan perkembangan UMKM yang pesat di Kabupaten Rembang mampu menciptakan roda perekonomian sehingga tercipta kemandirian berwirausaha melalui kreativitas dan inovasi terutama ditengah pandemi ini. (*)

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

 

Diskominfo Pati Gelar Pertunjukan Ketoprak Virtual Dalam Upaya Tekan Peredaran Rokok Ilegal

Komentar

Berita Terkait