oleh

Cacing Pita Bersarang di Otak Pria Selama 20 Tahun, Apa Penyebabnya

Mitrapost.com- Pria berusia 38 tahun asal Amerika Serikat memiliki cacing pita hidup di otaknya selama 20 tahun. Hal tersebut menyebabkan pria itu kejang tonik-klonik hingga tak sadarkan diri. Diketahui cacing pita dapat hidup dalam tubuh manusia lantaran mengonsumsi daging mentah.

Pria asal Amerika Serikta tersebut lantas mendapat perawatan di  Rumah Sakit Umum Massachusetts, Amerika Serikat. Usai diperiksa, melalui tes dan wawancara riwayat penyakit pasien, pihak keluarga mengungkapkan bahwa pria tersebut sebelumnya sehat.

Pbb - Mitrapost.com

Banner Bphtb - Mitrapost.com

Dikutip dari Daily Star, ia tidak memiliki riwayat kejang, gangguan kardiovaskular, gangguan pernapasan, atau neurologis. Tetapi, informasi satu-satunya yang didapatkan adalah pria tersebut pernah bermigrasi ke Boston dari pedesaan Guatemala 20 tahun lalu.
Kemudian, dokter melalkukan CT scan pada area kepala, ditemukan tiga lesi kalsifikasi dan didiagnosis neurocysticercosis. Penyakit saraf yang menyerang otak melalui cacing pita.

Baca Juga :   Logistik Mandalika Tiba di Lombok

Setelah diteliti lebih lanjut, tim medis mengungkapkan bahwa cacing pita hidup dalam otak pria tersebut selama beberapa tahun terakhir lebih tepatnya selama 20 tahun. Cacing pita tersebut berpindah ke berbagai bagian otaknya.

Dikutip dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), sebuah studi mengatakan bahwa penyakit yang berhubungan dengan cacing pita babi dari Afrika, Asia, dan Amerika Latin, termasuk Guatemala, bisa menyebabkan kejang dan dapat menyebabkan kematian.

Perlu diketahu sebelumnya, cacing pita dapat tumbuh sepanjang dua hingga delapan meter. Parasit ini bisa menembus dinding usus dan bergerak di dalam tubuh manusia. (*)

Artikel ini telah tayang di Detik Health dengan judul “Geger Pria Mendadak Kejang Gegara Cacing Pita Bersarang di Otak Selama 20 Tahun”

Baca Juga :   Banyak Korban, Polda Metro Jaya Pertimbangkan Pengajuan Penangguhan Anak Nia Daniaty

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

 

Diskominfo Pati Gelar Pertunjukan Ketoprak Virtual Dalam Upaya Tekan Peredaran Rokok Ilegal

Komentar

Berita Terkait