Waspada Terhadap Varian B.1.1.529, Berikut Imbauan WHO

Mitrapost.com – Telah ditemukan varian Covid-19 varian baru. Varian tersebut ialah B.1.1.529 yang ditemukan di Afrika Selatan. Kini varian tersebut tengah diteliti dan akan terus dievaluasi oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Varian yang diberi nama Omicron ini telah ditemukan di Hong Kong, Belgia, Israel.

 

WHO menyarankan seluruh negara untuk melakukan hal-hal berikut:

1. Meningkatkan upaya pengawasan dan pengurutan untuk lebih memahami varian SARS-CoV-2 yang beredar.

2. Mengirimkan urutan genom lengkap dan metadata terkait ke database yang tersedia untuk umum, seperti Global Initiative on Sharing ALL Influenza Data(GISAID).

3. Melaporkan kasus atau klaster awal yang terkait dengan infeksi variant of concern(VOC) atau varian yang sangat diwaspadai ke WHO melalui mekanisme International Health Regulations(IHR). WHO sendiri telah menetapkan varian B.1.1.529 sebagai VOC.

Baca Juga :   Kasus Covid-19 di DIY Terus Alami Peningkatan

3. Jika ada kapasitas dan berkoordinasi dengan komunitas internasional, lakukan investigasi lapangan dan penilaian laboratorium untuk meningkatkan pemahaman tentang dampak potensial VOC.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati