Ahli Sebut Varian Omicron Berbahaya dan Sudah ada di Indonesia

Mirtrapost.com– Dicky Budiman, Epidemiolog Universitas Griffith Australia memperkirakan Covid-19 varian SARS-CoV-2 B.1.1.529 atau varian Omicron kemungkinan besar telah menjangkiti warga Indonesia.

Dilansir dari CNN Indonesia, Dicky mengungkan bahwa Omicron ini turunan mutasi dari varian yang ditemukan di Italia Maret-April 2020 lalu. Ia meminta kepada pemerintah untuk tanggap dan cepat melakukan teknik pencarian strain virus dengan metode Whole Genome Sequence (WGS).

“Bicara potensinya ya kemungkinan sebenarnya sudah ada dimana-mana, termasuk kemungkinan ya sudah masuk juga Indonesia. Namun ini artinya perkara waktu ya. kalau melihat potensi dari satu varian yang begitu efektif dalam menginfeksi,” kata Dicky saat dihubungi CNNIndonesia.com, Senin (29/11).

Dicky mengatakan bahawa varian ini lebih cepat menular 500 persen dari varian yang ditemukan di Wuhan, China.

Baca Juga :   Ikuti Vaksinasi Covid-19 Tahap Pertama, Ketua PCNU Pati: Halal

Dicky juga mengingatkan bahwa varian ini berbahaya karena menjadi satu-satunya varian Covid-19 yang langsung dikategorikan Variant of Concern (VoC) oleh WHO.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati