oleh

Pandemi Covid-19, Angka Kasus HIV/AIDS di Malang Menurun

Malang, Mitrapost.com – Selama masa pandemi Covid-19 selama beberapa tahun terakhir, angka kasus HIV/AIDS di kota Malang menurun.

Wali kota Malang Drs. H. Sutiaji pun mengajak semua lapisan masyarakat untuk mewaspadai penularan virus HIV/AIDS, karena penularan virus tersebut sejauh ini tergolong masif.

Ia mencontohkan, seperti ketika seorang suami terjangkit virus ini, maka yang pasif dan yang menjadi korban adalah istri serta anak-anaknya.

Sutiaji juga menambahkan, untuk mengantisipasi dan memutus penularannya, bagi yang terindikasi terjangkit atau berpotensi tinggi, hendaknya mempunyai kesadaran untuk melapor dan memeriksakan diri ke tenaga medis di puskesmas maupun rumah sakit terdekat.

Namun ia tak menampik jika kesadaran itu, saat ini masih kurang. Hal tersebut dikarenakan, bagi orang yang dinyatakan positif harus mengonsumsi obat dalam jangka waktu lama, bahkan bisa tidak diterima di masyarakat. Sehingga pihaknya mengajak berbagai elemen masyarakat, seperti komunitas pegiat peduli HIV/AIDS untuk lebih berperan aktif dalam mengampanyekan bahaya virus tersebut.

Baca Juga :   Semarakkan Hari Pahlawan, Pemkot Surabaya Terbitkan SE 10 November

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang dr. Husnul Muarif pada Rabu (1/12/2021) mengatakan, tahun ini setidaknya terdapat sekitar 560 orang yang sedang dalam penanganan maupun pengobatan. Jumlah yang terdeteksi tersebut, merupakan 10 persennya dari total masyarakat kota Malang.

Sedangkan pada tahun lalu, kata dia, terdapat sekitar 600 orang penderita HIV/AIDS. Adapun penurunan kasus ini, salah satunya karena imbas adanya pandemi Covid-19, dimana sebagian besar masyarakat menjauhi kerumunan atau keramaian.

“Dari kondisi ini kami memprediksi pemicu penularan penyakit seksual itu agak terkendali,” imbuh dr. Husnul.

Dari besaran kasus tersebut, menurutnya, didominasi oleh usia produktif, yaitu antara 15 hingga 59 tahun.

Baca Juga :   Mantan Kiper Persipura, Ferdiansyah Resmi Gabung di PSHW

“Antisipasi lain yang kami lakukan, selain seperti yang disampaikan Wali Kota Malang itu, kami mempunyai kerja sama dengan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang menjadi mitra, seperti Igama dan komunitas yang pernah memakai narkoba jenis suntik. Kami mengoptimalkan peran mereka di masyarakat guna terus menekan kasus HIV/AIDS ini,” pungkasnya. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com . Mari bergabung di Grup Telegram "Mitrapostcom_Official", caranya klik link https://t.me/Mitrapostcom_Official, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

 

Video Viral

Komentar

Berita Terkait