Pandemi Covid-19, Angka Kasus HIV/AIDS di Malang Menurun

Malang, Mitrapost.com – Selama masa pandemi Covid-19 selama beberapa tahun terakhir, angka kasus HIV/AIDS di kota Malang menurun.

Wali kota Malang Drs. H. Sutiaji pun mengajak semua lapisan masyarakat untuk mewaspadai penularan virus HIV/AIDS, karena penularan virus tersebut sejauh ini tergolong masif.

Ia mencontohkan, seperti ketika seorang suami terjangkit virus ini, maka yang pasif dan yang menjadi korban adalah istri serta anak-anaknya.

Sutiaji juga menambahkan, untuk mengantisipasi dan memutus penularannya, bagi yang terindikasi terjangkit atau berpotensi tinggi, hendaknya mempunyai kesadaran untuk melapor dan memeriksakan diri ke tenaga medis di puskesmas maupun rumah sakit terdekat.

Namun ia tak menampik jika kesadaran itu, saat ini masih kurang. Hal tersebut dikarenakan, bagi orang yang dinyatakan positif harus mengonsumsi obat dalam jangka waktu lama, bahkan bisa tidak diterima di masyarakat. Sehingga pihaknya mengajak berbagai elemen masyarakat, seperti komunitas pegiat peduli HIV/AIDS untuk lebih berperan aktif dalam mengampanyekan bahaya virus tersebut.