oleh

Video : Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Rembang Berikan Tips dan Trik Membuat Pestisida Alami

Rembang, Mitrapost.com – Penggunaan pestisida secara berlebihan dinilai dapat mengganggu kesehatan air dan tanah. Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Rembang berikan tips dan trik membuat pestisida alami.

Dinas pertanian dan pangan Kabupaten Rembang memberikan tips dan trik untuk memanfaatkan air seni sapi sebagai pengganti pestisida. Menurut Suwandi, Staf Tanaman Pangan dan Holtikultura Dispertan Kabupaten Rembang, penggunaan pestisida ini cukup efektif untuk mengurangi penyakit pada tanaman.

Meskipun tingkat efektivitasnya tidak sama dengan pestisida berbahan kimia, akan tetapi pestisida alami dinilai lebih ramah lingkungan.

Cara membuat pestisida alami ini pun cukup mudah, hanya dengan memanfaatkan air seni sapi yang difermentasi selama 3 hari.

Baca Juga :   Pesticof, Pestisida Alami Ramah Lingkungan

“Caranya air kencing sapi itu dikumpulkan lalu ditutup kemudian dibiarkan selama kurang lebih 3 hari, setelah itu itu air kencing tersebut dicampur kan dengan air biasa. Perbandingannya satu banding satu,” kata Suwandi.

Pestisida berbahan alami ini, dinilai lebih ramah lingkungan karena tingkat pencemaran terhadap tanah dan air sedikit. Sayangnya masyarakat masih belum banyak yang mau memanfaatkan pestisida alami ini.

“Masyarakat itu kan kebanyakan maunya yang praktis. Mereka maunya sekali semprot langsung kelihatan kalau hamanya itu pada mati,” kata Suwandi.

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

 

Komentar

Berita Terkait