Video : Desainer Rembang Ungkap Alasan Anak Muda Ogah Jadi Perajin Batik

Rembang, Mitrapost.com – Hawien Wilopo, desainer sekaligus perajin batik lasem asal Kabupaten Rembang ungkap keresahan mengenai regenerasi perajin batik tulis Lasem saat ini.

Batik Lasem dinilai menjadi salah satu warisan budaya yang masih bersifat tradisional. Hal ini dapat dilihat dari perajin batiknya yang identik dengan ibu-ibu yang mengerjakan kerajinan batiknya dari rumah.

Hawien Wilopo mengungkapkan adanya perspektif tersebut menjadikan anak muda zaman sekarang ogah menjadi perajin batik. Selain itu, pengerjaan batik Lasem yang memakan waktu cukup lama juga menjadi salah satu faktor mengapa anak muda sekarang ogah menjadi penerus warisan budaya tersebut.

“Peminatnya kurang karena anak muda sekarang kan sifatnya suka yang praktis sedangkan proses membatik terutama batik Lasem ini membutuhkan waktu yang lama dan harus sabar,” kata Hawien Wilopo pada Sabtu (18/12/2021).

Baca Juga :   Video : Sawah Terendam Banjir, Petani Pati Rugi Rp7 Miliar

Sementara itu, untuk menyongsong Rembang sebagai kota fashion ke depannya, Hawien Wilopo menginginkan anak muda sekarang bukan hanya menjadi perajin tetapi juga menjadi desainer baju siap pakai.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati