oleh

Kapal Malaysia Berawak WNI di Perairan Selat Malaka Berhasil Ditangkap

Mitrapost.com – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) berhasil menangkap kapal asing berbendera Malaysia di Selat Malaka. Penangkapan itu dilakukan lantaran kapal dengan identitas PKFB 1337 melakukan aktivitas penangkapan ikan di perairan Indonesia.

Patroli yang dilakukan pada Kamis (13/1/2022) itu mendapati awak warga negara Indonesia (WNI) yang bekerja di kapal asal Negeri Jiran itu.

Direktur Pemantauan dan Operasi Armada KKP Pung Nugroho Saksono menyatakan kapal pencuri ikan itu mengoperasikan alat tangkap trawl.

“Lima orang nelayan kami amankan, kami juga terus memberikan pemahaman agar mereka tidak dimanfaatkan dalam praktik illegal fishing ini,” ujar pria yang akarab disapa Ipunk, Sabtu (15/1/2022).

Direktur Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) KKP Laksamana Muda TNI Adin Nurawaluddin menuturkan bahwa kapal yang melakukan aktivitas illegal fishing tersebut sempat berusaha kabur.

Baca Juga :   Empat Pelaku Sindikat Pencurian Mobil Dilumpuhkan Polisi

Namun, kapal dapat ditangkap dan kini sedang dalam proses ad hoc ke Satuan Penegawas Sumber daya Kelautan dan Perikanan (Satwas SDKP) Dumai untuk proses hukuman lebih lanjut.

“Hasil gelar operasi Kapal Pengawas Hiu 08 yang dinakhodai Kapten Hendro Andaria berhasil melumpuhkan satu unit kapal ikan asing berbendera Malaysia bernama PKFB 1337,” ungkapnya.

Sebelumnya, Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono menyampaikan bahwa selain mendorong penerapan pengawasan terintegrasi, pihaknya juga akan menambah jumlah armada kapal pengawas perikanan agar dapat mengawasi wilayah-wilayah rawan pencurian ikan. (*)

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

 

Komentar

Berita Terkait