BPBD Rembang Gandeng Relawan Jaga Posko Bencana

Rembang, Mitrapost.com – Menghadapi bencana di puncak musim penghujan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Rembang gandeng relawan untuk bersiaga di posko siaga bencana.

Posko tersebut didirikan di halaman kantor BPBD Kabupaten Rembang dan akan bersiaga secara shifting selama 24 jam. Nantinya, relawan akan diterjunkan untuk ikut bergabung di posko itu bilamana dibutuhkan.

Sekretaris BPBD Kabupaten Rembang, Pramujo mengatakan kondisi di Kabupaten Rembang masih tergolong aman.

“Ini karena puncak musim hujan juga tidak terlalu ekstrem, jadi untuk sementara ini masih aman,” katanya kepada Mitrapost.com, Senin (17/1/2022).

Sepanjang tahun 2021 dan awal 2022 ini, pihaknya melakukan evakuasi banjir di beberapa bantaran sungai yang tersumbat sampah bambu. Meski begitu, Pramujo mengatakan banjir yang terjadi bukan sesuatu yang berbahaya.

Baca Juga :   Gelar Operasi Yustisi, Satlantas Polres Rembang Bagi-Bagi Jamu

“Ada banjir tapi sifatnya banjir bandang yang beberapa jam kemudian hilang,” imbuhnya.

Meskipun tergolong aman, datangnya bencana sulit diprediksi sehingga menjadi salah satu hal yang perlu diwaspadai oleh semua pihak.

“Tapi tetap selalu waspada mengingat bencana itu kan bukan sesuatu yang bisa diprediksi, mungkin kalau hari ini masih biasa-biasa saja besok bisa terjadi hal-hal yang ekstrem,” tegasnya.

Pramujo mengimbau, meskipun sudah mendirikan posko bencana serta relawan siap membantu evakuasi, masyarakat diharapkan aktif dalam mewaspadai potensi bencana alam di wilayah masing-masing. (*)