Pembangunan Desa Tak Melulu Infrastruktur

Pati, Mitrapost.com – Anggota Komisi A Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati, Warsiti mengatakan dalam rangka pembangunan, pemerintah desa di Pati diharap tidak hanya fokus untuk infrastruktur desa.

Dana yang dialokasikan pemerintah lewat Dana Desa (DD), Alokasi Dana Desa (ADD), alokasi dana Pokok-pokok pikiran (Pokir) DPRD atau dana lainnya juga bisa disiapkan untuk pembangunan sumber daya masyarakat desa.

Indikator pembangunan ekonomi desa yang berhasil bukan hanya dilihat dari segi infrastruktur desa yang baik atau fasilitas umum yang memadai. Kualitas sumber daya manusia (SDM) yang unggul dan pendapatan penduduk juga menjadi indikator yang penting.

Warsiti mencontohkan di Kecamatan Tambakromo notabene warga berusia produktif pergi merantau ke luar negeri. Saat pulang ke kampung halaman mayoritas dari mereka sulit mendapat pekerjaan, khususnya untuk golong berusia lanjut yang tidak lagi produktif.

Baca Juga :   Harga Porang Anjlok, Ini Penjelasan Asosiasi Petani Porang Pati

“Kalau menurut saya jangan sampai itu saja karena infrastruktur dapat didanai dari DD dan ADD. Memang. tapi kalau saya lebih dipemberdayaan penduduk di Kecamatan Tambakromo yang notabene orang perantauan. Itu butuh keahlian,” kata Anggota DPRD Kabupaten Pati dari Fraksi Nurani Keadilan Rakyat Indonesia (NKRI) itu, Selasa (18/1/2022).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati