Kenali Ciri Orang Mau Meninggal Khusnuh Khotimah

  1. Mempertahankan diri dari perampok

    Hal lain yang mendasari bahwa seseorang meninggal dunia dalam keadaan khusnul khotimah adalah saat mereka membela diri dari tukang begal.

    عَنْ سَعِيدِ بْنِ زَيْدٍ عَنِ النَّبِىِّ -صلى الله عليه وسلم- قَالَ : « مَنْ قُتِلَ دُونَ مَالِهِ فَهُوَ شَهِيدٌ وَمَنْ قُتِلَ دُونَ أَهْلِهِ أَوْ دُونَ دَمِهِ أَوْ دُونَ دِينِهِ فَهُوَ شَهِيدٌ »

    Artinya: Dari Sa’id bin Zaid, dari Nabi Muhammad SAW, “Siapa yang dibunuh karena membela hartanya maka ia syahid. Siapa yang dibunuh karena membela keluarganya maka ia syahid. Siapa yang dibunuh karena membela darahnya atau karena membela agamanya, ia syahid.” (HR Abu Daud).

  2. Meninggal saat melahirkan

    Rasulullah SAW menjelaskan keutamaan seorang ibu yang meninggal dunia saat melahirkan.

    الْقَتِيلُ فِى سَبِيلِ اللَّهِ شَهِيدٌ وَالْمَطْعُونُ شَهِيدٌ وَالْمَبْطُونُ شَهِيدٌ وَمَنْ مَاتَ فِى سَبِيلِ اللَّهِ فَهُوَ شَهِيدٌ

    Artinya: “Orang yang terbunuh di jalan Allah (fii sabilillah) adalah syahid; orang yang mati karena wabah adalah syahid; orang yang mati karena penyakit perut adalah syahid; dan wanita yang mati karena melahirkan adalah syahid.” (HR. Ahmad).

    6 Berpulang pada hari Kamis malam Jumat

Seseorang yang berpulang pada malam Jumat ini menentukan keutamaan seorang muslim. Hal ini tertuang dalam hadits Rasulullah SAW terkait dengan keutamaan muslim ketika meninggal di hari Jumat.

Berikut haditsnya,

مَا مِنْ مُسْلِمٍ يَمُوتُ يَوْمَ الْجُمُعَةِ أَوْ لَيْلَةَ الْجُمُعَةِ إِلاَّ وَقَاهُ اللَّهُ فِتْنَةَ الْقَبْرِ

Artinya: “Tidak ada seorang muslim pun (laki-laki atau perempuan, anak kecil atau pun dewasa) meninggal dunia pada hari Jumat atau pada malam Jumat. Melainkan Allah akan melindunginya dari fitnah kubur.” (HR Ahmad). (*)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati
Baca Juga :   Bela Anak, Wanita Ngaku Istri Kajari Tebing Tinggi Ngamuk di Toko Sepatu