Dewan Dorong Pemkab Pati Tuntaskan Masalah Banjir Secara Menyeluruh

Pati, SMJTimes.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati mengatakan banjir bandang yang menerjang area Kecamatan Sukolilo, Kayen, Gabus, Jakenan dan Batangan harus diselesaikan secara menyeluruh.

Menurut M. Nur Sukarno selaku Anggota Komisi B DPRD Kabupaten Pati, dampak banjir tersebut sangat luas, mulai dari kerugian materiil, ekonomi, bahkan berpotensi menghambat laju perekonomian warga sekitar.

“Kerugian materiil itu pasti, masalah banjir ini harus diselesaikan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati secara menyeluruh, agar tidak mengganggu perekonomian warga sekitar secara terus menerus,” ujarnya saat diwawancarai SMJTimes.com, Kamis (10/3/2022).

Tidak hanya itu, Sukarno juga menjelaskan bahwa persawahan yang rusak itu efeknya luar biasa, apalagi menjelang bulan Ramadhan.

Baca Juga :   Angka Kemiskinan Naik di Masa Pandemi, Ini Tanggapan Dewan

Menurut politisi Partai Golongan Karya (Golkar) itu, konsumsi kebutuhan pokok akan terus meningkat, seperti beras, sayur dan lain sebagainya. Kondisi ini akan mempersulit siklus perputaran antara pedagang dan pembeli.

“Kalau semua sawah rusak diterjang banjir, padi yang siap panen rusak, sayur rusak, umbi-umbian membusuk, ini akan menjadikan perputaran ekonominya semakin susah, bahkan harganya akan cenderung naik,” ujar Anggota DPRD Kabupaten Pati dari Fraksi Golkar itu.

Kini banyak lahan sawah yang diubah menjadi pemukiman tanpa ada resapan air yang layak. Bahkan sekarang di daerah pegunungan jarang ada tanaman yang bisa menahan air saat turun hujan deras. Hal ini dapat dipastikan banjir akan terjadi dimana-mana.

Baca Juga :   Penetapan Kebijakan PPKM, Bupati Pati: Tak Perlu Didemo

Ia berharap penanganan banjir bisa meminimalisir kerugian warga.

“Harapan saya dengan penanganan banjir secara menyeluruh bisa meminimalisir kerugian warga dan para petani agar bisa menikmati jerih payahnya, bahkan ikut berkontribusi menyumbang sumber pangan demi ketahanan pangan Kabupaten Pati maupun secara nasional, ” tandasnya. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati