oleh

Bupati Pati Resmi Larang Pengangkatan Pegawai Honorer Per Tanggal 1 April

Pati, Mitrapost.com – Pemerintah Kabupaten Pati resmi merealisasikan peraturan tentang Larangan Pengangkatan Pekerja Tidak Tetap (PTT) /Tenaga Harian Lepas (THL) per tanggal 1 April mendatang.

Hal ini diungkapkan oleh Kepala Bidang Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten Pati. Kebijakan ini merespon imbauan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) tentang penghapusan tenaga kerja honorer di tahun 2023.

“Memang itu sesuai edaran bupati per 1 April tidak menerima rekomendasi pengangkatan THL, ” ujar Azis saat diwawancara Mitrapost.com melalui sambungan telepon, pada Jumat (11/3/22).

Jelas Azis keputusan tidak mengangkat THL Baru tersebut tertuang dalam surat edaran Bupati Pati No.  800/677. 4 tentang Larangan Pengangkatan Pegawai Non ASN.

Baca Juga :   Bupati Apresiasi Pembentukan Satgas Antijudi dan Politik Uang

Surat edaran itu meminta seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan unit kerja lingkungan Pemerintahan Kabupaten Pati untuk menaati SE tersebut.

Ia menjelaskan jika tenaga honorer Pati saat ini berjumlah 2 ribuan orang. Azis menjelaskan bagi pegawai honorer yang diangkat sebelum tanggal 1 April 2022 masih diperbolehkan untuk melaksanakan tugasnya sampai berakhirnya masa kontrak atau diperpanjang kembali dengan ketentuan.

Ketentuan tersebut diantaranya pegawai masih yang dibutuhkan untuk kelancaran tugas dan fungsi perangkat daerah, pegawai bekerja dengan baik, dan masih tersedia anggaran dari APBD Kabupaten untuk pembayaran jasa pegawai non ASN.

“Cukup sudah ada itu. Kalau memperpanjang atau mengganti masih boleh yang tidak boleh itu ngangkat baru, ” terang Azis.

Baca Juga :   Dampingi Tim Wasev Mabes TNI, Bupati Sebut Capaian Pembangunan TMMD Harus Dipelihara

Azis menegaskan  bahwa pengangkatan pegawai honorer menjadi ASN sejak edaran tersebut diterbitkan hanya dapat dilakukan karena penggantian pegawai Non ASN yang mengundurkan diri, diterima ASN, pindah daerah, meninggal dunia atau diberhentikan. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Googlenews. silahkan Klik Tautan https://bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

 

Video Viral