Doni Salmanan Minta Maaf, Ini Kata Pakar Analis Gestur

“Yang paling menarik adalah bila reaksi ‘maaf’ ini dikaitkan dengan pemilihan verbal dari DS. Satu kalimat yang menarik diucapkan adalah bahwa audience ‘pidato ucapan maaf’ ini juga bukan seluruh masyarakat Indonesia tetapi masyarakat Indonesia yang mengenal dunia trading, baik binary option maupun foreign, crypto dan lain sebagainya,” tuturnya.

“Isi ‘pidato’ ini lebih kepada permintaan pemakluman kepada masyarakat Indonesia yang mengenal dunia trading, baik binary option maupun Foreign, crypto dan lain sebagainya. Dimana, saya menduga ada pesan tersembunyi di balik kalimat ini, yaitu bahwa DS kemungkinan ingin menggiring kesan bahwa apa yang terjadi atau dilakukan DS ini adalah ‘biasa’ atau ‘bisa dimaklumi’ dalam dunia trading,” sambung Handoko.
penyampaian maaf Doni Salmanan dengan gestur tangan yang dimasukkan ke dalam saku menunjukkan kenyamanan.

Baca Juga :   Video : Tertipu Modus Cuci Gudang, 9 Warga Ngepungrojo Rugi Rp 398 Juta

“Secara teori, secara umum, lintas profesi, soal gestur tangan dimasukkan ke kantong ini adalah gestur yang memberikan kenyamanan. Gestur tangan dimasukkan ke kantong ini sering diilustrasikan ‘tangan dekat ke alat vital pria’ sehingga memberikan ketenangan. Di dunia model, selain juga bermaksud memberi kenyamanan, gestur tangan tersebut bertujuan agar pakaian atau celana yang dikenakan pemodel pria tidak bergeser, melorot atau miring. Namun, memang di kalangan The Have, ada kesan maskulin pada seorang pria yang memasukkan salah satu tangannya di saku celana,” kata Handoko.