oleh

Peralihan ke TV Digital, Pemerintah Siapkan 3 Juta Set Top Box Bagi Rumah Tangga Miskin

anda ingin cepat kaya kerja sambil jalan - jalan di luar negeri? dan dapatkan gaji jutaan rupiah!! hubungi 0821-3869-9954

Demak, Mitrapost.com – Peralihan dari tv analog ke digital, sudah dilakukan sejak tahun 2017, dengan penerbitan Permenkominfo tentang standar penayangan digital.

Pada tahun ini, pemerintah akan melakukan uji coba siaran digital secara total. Sebanyak 3 juta set top box disiapkan bagi rumah tangga miskin, untuk bisa menikmati siaran digital.

Sedangkan untuk transmisi saat ini belum bisa memberikan layanan yang baik karena masih menggunakan system analog. Hal itulah yang menjadi latar belakang untuk menggunakan system digital secara total.

Demikian sambutan dari Kepala Diskominfo Provinsi Jateng Riena Retnaningrung yang dibacakan Bidang TIK Diskominfo Provinsi Jateng Ahmad Syaifillah, pada Webinar Transformasi Digital Menuju Penyiaran TV Digital, Selasa (15/3/22). Turut mengikuti secara hybrid para Camat se-Provinsi Jateng.

Baca Juga :   Produk Kampung Indonesia Di Korea Kenalkan UMKM Asal Demak

“Secara otomatis tv digital akan memberikan kualitas yang lebih baik karena dapat juga terkoneksi dengan internet. Selain itu, siaran digital berisi konten variatif,” ungkapnya.

Sementara, Staff Kemenkominfo Philip Ghobang menyampaikan, Kemenkominfo terus proaktif memastikan kesiapan infrastruktur dalam migrasi analog ke digital dan memastikan konektivitas terhubung hingga ke seluruh daerah.

“Perangkat TV saat ini yang digunakan oleh seluruh keluarga di Indonesia tetap bisa digunakan untuk menerima siaran TV digital dengan menggunakatkan alat set top box,” terangnya.

Dirinya menjelaskan, sebagaimana telah diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 46 Tahun 2021 tentang Pos, Telekomunikasi dan Penyiaran, Pemerintah membantu penyediaan lebih dari 3 juta set top box bagi rumah tangga miskin agar dapat menerima siaran televisi digital pada saat dilakukannya ASO (switch off anolog). Dalam ketentuan tersebut, penyediaan set top box bersumber dari komitmen penyelenggara multipleksing.

Baca Juga :   Polres Demak Tutup Akses Jalan Menuju Simpang Enam di Malam Pergantian Tahun

Adapun daftar daerah yang mendapatkan bantuan set top box beserta pihak dari penyelenggara multipleksing akan dipublikasikan melalui https://komin.fo/stbASO1.

“Jadi masyarakat dapat melihat dalam tautan itu untuk mengetahui daerah yang terdampak ASO serta jumlah set top box yang akan diterima di masing-masing desa. Dan diketahui juga penyelenggara yang bertanggung jawab untuk penyediaan set top box di desa tersebut,” pungkasnya. (*)

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Googlenews. silahkan Klik Tautan https://bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

 

Video Viral

Komentar