BMKG Perkirakan Kemarau Lebih Ekstrem di Berbagai Wilayah

Mitrapost.com – Kemarau lebih ekstrem dari biasanya telah diprediksi oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG). Kemarau lebih kering ini diperkirakan akan melanda berbagai daerah. Dimana saja?
“Perlu adanya peningkatan kewaspadaaan dan antisipasi dini untuk wilayah-wilayah yang akan diprediksi mengalami musim kemarau lebih kering dari normalnya, sebanyak 12 persen zona musim, yaitu di Sumatera Utarara bagian utara, sebagian Jawa Barat, Jawa Tengah bagian utara, sebagian Jawa Timur, sebagian Bali, sebagian Nusa Tenggara, sebagian Kalimantan, sebagian Sulawesi dan Maluku,” ungkap Kepala BMKG Dwikorita Karnawati saat konferensi pers, Jumat (18/3/2022).

Ia juga mengatakan aa beberapa daerah yang mengalami musim kemarau lebih awal, dalam hal ini ia meminta kementerian dan pemerintah melakukan antisipasi.

Baca Juga :   Bukti Pandemi Covid-19 Tak akan Berdampak pada UMKM

“Dalam menghadapi musim kemarau tahun 2022, BMKG mengimbau seluruh mitra kementerian/lembaga, Pemda, dan berbagai pihak terkait serta masyarakat dimohon tetap mewaspadai wilayah-wilayah yang akan memasuki lebih awal dibandingkan normalnya yaitu kurang lebih sebanyak 26 persen zona musim di sebagian Sumatera, sebagian Jawa, Kalimantan bagian selatan, sebagian Bali, sebagian Nusa Tenggara, Maluku dan Papua bagian Timur,” tutur dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati