oleh

Terlanjur Hamil Jadi Alasan Populer untuk Minta Dispensasi Nikah di Kudus

anda ingin cepat kaya kerja sambil jalan - jalan di luar negeri? dan dapatkan gaji jutaan rupiah!! hubungi 0821-3869-9954

Kudus, Mitrapost.com – Kasus dispensasi nikah pada anak usia belasan tahun di Kabupaten Kudus pada tiga bulan terakhir mencapai angka 50 kasus. Panitera Pengadilan Agama (PA) Kabupaten Kudus, Muchammad Muchlis, SH menyampaikan ‘hamil duluan’ menjadi alasan paling banyak kenapa mereka meminta dispensasi nikah.

Menurutnya penyebab mereka melakukan hubungan seksual sebelum menikah adalah akses informasi yang semakin mudah dan peningkatan aturan batas umur pernikahan yang ditingkatkan.

“Rata-rata udah pada hamil semua, juga sekarang dispensasi kawin tambah banyak karena aturannya sudah berbeda. Dulu laki-laki bisa menikah umur 19 tahun, wanita 16 tahun. Sekarang ditambah, wanita 19 tahun, sehingga yang umur 16-17 tahun kan gak bisa nikah sekarang,” jelasnya kepada Mitrapost.com Rabu (23/3/2022).

Baca Juga :   Diresmikan Wabup Kudus, Pasar Kliwon Kini Punya Musala Baru

Tidak hanya itu, menurut Muchlis ada banyak faktor yang melandasi mereka berbuat zina sebelum nikah. Salah satunya adalah kurangnya perhatian orang tua dan guru dalam membina anak menghadapi pesatnya perkembangan teknologi dan informasi.

“Ini yang penting kasus dispensasi nikah, ini peran orang tua dalam mengasih kebebasan pada anak dalam memegang handphone (hp). Karena sering memegang hp melihat video porno akhirnya terjadi kecelakaan,” ungkap Muchlis.

Ia juga menyayangkan bahwa ada kasus hamil di luar nikah oleh salah satu siswi Madrasah Tsanawiyah. Kondisi ini menunjukkan bahwa peranan guru amat begitu penting dalam mencegah kejadian tersebut.

“Yang MTs juga pernah, peran orang tua itu perlu. Saat ditinggal kerja anak sendirian di rumah sendiri,” tegasnya.

Baca Juga :   Gagal Lolos Fase Grup, Bupati Kudus Maklumi Kondisi Persiku

Muchlis mengimbau kepada orang tua, tokoh agama, dan guru – guru di Kabupaten Kudus untuk selalu mengawasi dan menjaga putra-putrinya dengan baik di era saat ini.

“Orang tua harus hati-hati dalam menyikapi perkembangan teknologi informasi,” pungkasnya (*)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Googlenews. silahkan Klik Tautan https://bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

 

Video Viral

Komentar