DPR Desak Pemerintah Perjuangkan Penambahan Anggaran Pendidikan Nasional

Jakarta, Mitrapost.com – Anggota Komisi X Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Ratih Megasari Singkarru bersyukur atas peningkatan anggaran sebesar 9,68 persen yang diterima Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) untuk APBN 2023 sebesar Rp80,157 triliun, sementara pada tahun 2022 senilai Rp73,082 triliun.

Meskipun mengalami kenaikan, jumlah tersebut masih belum cukup untuk sejumlah program seperti untuk program kualitas pengajaran dan juga pembelajaran, dan juga disusul oleh program pendidikan dan pelatihan vokasi.

Ia pun mendorong Kemendikbudristek untuk memperjuangkan penambahan anggaran.

“Saya rasa beberapa kegiatan yang merupakan juga terusan dari kegiatan tahun-tahun sebelumnya yang memang apabila setelah dievaluasi, program tersebut menghasilkan kinerja yang baik. Maka sebenarnya tidak ada salahnya kalau program-program tersebut tetap diperjuangkan untuk mendapat penambahan anggaran,” ucap Ratih Megasari saat mengikuti Rapat Kerja Komisi X DPR RI dengan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi beserta jajaran, di Gedung Nusantara I, Senayan, Jakarta, Kamis (2/6/2022).