18 Desa Jadi Lokasi Fokus Intervensi Penurunan Stunting 2022 di Kabupaten Pati

Pati, Mitrapost.com – Pemerintah Kabupaten Pati telah menentukan sebanyak 18 Desa menjadi daerah lokasi fokus intervensi penurunan stunting tahun 2022.

Berdasarkan pernyataan dari Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda), Kabupaten Pati yang juga sekaligus sebagai Koordinator Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS), Muhtar menyebutkan, 18 desa tersebut dinyatakan sebagai kawasan endemik stunting.

“Kalau berdasarkan SK dari Bupati Pati, memang tahun ini ada penurunan. Tahun ini ada sekitar 18 desa di beberapa wilayah Kecamatan di Kabupaten Pati,” katanya saat diwawancarai wartawan selesai acara pengukuhan tim TPPS belum lama ini.

Menurut keterangan yang disampaikan oleh Kepala Bidang (Kabid) Keluarga Berencana (KB) Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak & Keluarga Berencana (DINSOSP3AKB) Kabupaten Pati, Bestyanti Ikhdinastri menyebutkan, diantaranya seperti kawasan Pati selatan di Desa Baleadi Kecamatan Sukolilo, Desa Purwokerto Kecamatan Kayen dan Desa Karangmulyo Kecamatan Tambakromo.

Baca Juga :   Satpas Pati akan Mempermudah Layanan Pembuatan SIM

“Untuk datanya kita sudah ada, seingatnya saya di kawasan selatan itu Desa Baleadi, Desa Purwokerto, Karangmulyo, Desa Blingijati. Lalu kawasan Timur itu Sitimulyo, Sidomukti dan Tlogomojo Batangan. Untuk lebih detailnya nanti saya sampaikan aja,” ungkapnya saat diwawancarai oleh media ditempat yang sama.

Berdasarkan data yang dikirim melalui pesan WhatsApp, pihaknya lebih detail mengungkapkan terkait dengan nama desa beserta wilayah puskesmasnya.

Selanjutnya Desa lain yang dinyatakan sebagai lokus stunting adalah Desa Ngablak, Desa Jepalo, Desa Bendokaton Kidul, Desa Ngemplak Lor, Desa Kadilangu dan Desa Panggungroyom Kecamatan Wedarijaksa.

Kemudian Desa Tajungsari, Desa Sitiluhur, dan Desa Babalan Kecamatan Gabus. Sedangkan di wilayah Kecamatan Juwana terdapat dua desa yakni Desa Trimulyo dan Desa Kudukeras.

Baca Juga :   Persiapan H-1 Kejurprov Road Race Casytha Manahadap di Joyokusumo Hampir Selesai

“Berikut ini data-data nama desa yang diajukan sebagai lokasi intervensi penurunan stunting pada tahun 2022, totalnya ada sebanyak 18 desa mas,” tandasnya saat dihubungi oleh tim mitrapost.com selesai pengukuhan tim TPPS pada Senin, (6/6/2022) yang lalu. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati