oleh

Jumlah Pemilih Pemilu 2024 Pati Capai 1.030.025 Peserta

Pati, Mitrapost.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pati mutakhirkan data calon pemilih pada pemilihan umum (Pemilu) 2024. Hingga pekan ini, tercatat jumlah pemilih di Pati mencapai 1.030.025 jiwa.

Khoirun Nikmah, Devisi Perencanaan Data dan Informasi anggota KPU Pati menyatakan bahwa jumlah pemilih terakhir yang terdata tersebut, jumlahnya lebih kecil dibandingkan jumlah pemilih di tahun 2019 yang pesertanya mencapai 1.034.791 pemilih.

Ia mengatakan, jumlah pemilih tersebut bisa saja bertambah, mengingat pemutakhiran data dilakukan setiap tiga bulan sekali.

“Ada kecenderungan naik dan turun. Jangka waktu sekian tahun bisa menjadi naik lagi. Itu Kita laksanakan pemutakhiran data berkelanjutan,” kata Nikmah saat ditemui di kantornya hari ini, Jumat (24/6/2022).

Baca Juga :   Foto : Konsolidasi dengan Puskompati, Persipa Minta Dukungan

Lanjutnya, jumlah pemilih laki-laki di Pati berjumlah 506.110, sementara untuk pemilih perempuan berjumlah 523.915 pemilih.

Kemudian untuk data yang dimutakhirkan, terdapat 112 pemilih baru. Sementara pemilih tidak memenuhi syarat terdata 156 pemilih, yang terdiri dari 101 orang meninggal dan 55 orang pindah kependudukan.

Terang Nikmah, untuk melakukan pemutakhiran data pihaknya secara berkala berkoordinasi dengan sejumlah lembaga seperti Disdukcapil, untuk melakukan verifikasi mengenai administrasi kependudukan.

Kemudian juga ada Kemenag dan Korwil untuk mengidentifikasi perseorangan yang telah cukup umur dan telah menikah

“Ada juga Kalau TNI terkait anggota kalau purna. Kalau purna bisa mempunyai hak pilih. Kalau masih anggota kan netral tidak mempunyai hak pilih.Sama juga anggota Polri terkait purna atau masuk,” imbuhnya. (*)

Baca Juga :   Dewan Dukung Penuh Percepatan Vaksinasi Booster di Pusat Perbelanjaan

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Googlenews. silahkan Klik Tautan https://bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

 

Video Viral