Siapkan Senjata Laras Panjang hingga Rompi, Presiden Jokowi Berkunjung ke Rusia-Ukraina

Mitrapost.com – Presiden Joko Widodo diketahui akan bertemu dengan Vladimir Putin, Presiden Rusia dan Volodymyr Zelenskyy, Presiden Ukraina. Diketahui Jokowi akan bertolak dari Indonesia menuju Rusia dan Ukraina.

Senjata laras panjang hingga rompi pun disiapkan untuk keamanan sang presiden.

Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Danpaspampres) Mayjen Tri Budi Utomo mengungkapkan Paspampres telah melakukan latihan intensif untuk mengawal Jokowi ke Rusia dan Ukraina.
“Terkait dengan bagaimana kira kira kegiatan ataupun kejadian apa yang harus kita antisipasi kita sudah latihan. Contohnya penyelamatan dari kereta api, penyelamatan di stasiunnya sendiri, di jalannya seperti apa, meng-escape beliau itu kita sudah latihan, itu dari teknisnya,” kata Tri Budi, dikutip dari Detik News, pada Kamis (23/6/2022).

Baca Juga :   Menlu Retno Marsudi: 99 WNI di Ukraina Telah Dievakuasi

Tri Budi menyebut batalionnya menyiapkan tim penyelamatan khusus yang ditugaskan untuk agenda khusus.

“Kemudian dari personel kami juga sudah menyiapkan tim penyelamatan yang biasanya pada saat kegiatan tertentu kita tidak membawa, khusus ini kita membawa personel tersebut dengan menggunakan pakaian nantinya rencananya akan menggunakan PDL (pakaian dinas lapangan, red) TNI. Tapi untuk main group-nya kita sendiri, tetap penyelamatan dengan meng-cover beliau secara langsung. Nanti kalau seandainya matan punya tugas masing-masing. Itu juga sudah kita siapkan, matan 10, main group-nya sendiri itu ada 19, kemudian advance-nya 10 nanti yang akan berada di sana, memang kita sudah bagi,” beber dia.