oleh

Rolling Jabatan ASN, Bupati Kudus Sebut Demi Penyegaran

Kudus, Mitrapost.com – Pelantikan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus kembali dilaksanakan oleh Bupati Kudus Hartopo.

Menurutnya pelantikan tersebut dilakukan dengan menyesuaikan Struktur Organisasi dan Tata Kerja (SOTK) yang ada.

“Kita sesuaikan SOTK yang ada, sekalian kita memformat bagian yang masih kosong yang perlu untuk diisi. Tentunya ada cara khusus untuk verifikasinya,” jelasnya, Rabu (13/7/2022) malam.

Kali ini ia melakukan rolling sejumlah jabatan untuk penyegaran bagi kinerja para ASN.

“Kita rolling dalam rangka penyegaran kinerja supaya lebih fresh. Kriteria penilaian dilihat dari kinerja ASN hingga menduduki masa jabatan yang sudah lama,” ujar Hartopo.

Ada 61 orang ASN dilantik, meliputi 5 orang dengan Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT), 46 orang dengan Jabatan Struktural Administrasi, dan 10 orang dengan Jabatan Fungsional Tertentu Pengelola Pengadaan Barang/Jasa (JFT PPJB).

Baca Juga :   Dihentikan Jadi PNS, Warga Purbalingga Malah Tipu Guru Honorer

Hartopo mengungkapkan bahwa langkah tersebut untuk mengantisipasi kebocoran data.

“Kita sendiri tidak mau untuk nginap (berkasnya), begitu format jadi langsung kita buatkan SK-nya. Jangan sampai terjadi kebocoran data yang dapat dimanfaatkan oleh oknum akibat berkasnya menginap. Yang ditakutkan nanti terjadi gratifikasi atau sejenisnya, makanya saya pastikan langsung clear,” ungkapnya.

Pelantikan tersebut, menurut Hartopo dilakukan dengan alasan yang jelas yakni tentang evaluasi kinerja hingga kompetensi yang dimiliki ASN sesuai masukan dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).

“Pelantikan ini alasanya jelas, mulai dari masalah kinerja hingga masalah ada yang kurang dalam kompetensinya. Ini juga berdasarkan masukan dari KASN,” ujarnya.

Hartopo menambahkan, saat ini masih terdapat kekosongan jabatan dalam beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Oleh karena itu, pihaknya segera melakukan assesment untuk mengefektifkan penyelenggaraan pemerintah.

Baca Juga :   Inovasi Pemkab Kudus, Gelar Vaksinasi Bersama Penyaluran BLT DD

“Segera akan ada open bidding agar efektif dalam penyelenggaraan pemerintah. Saat ini kekosongan jabatan dalam beberapa OPD meliputi, DPMPTSM, Dinkes, Kesbangpol, Kominfo, BKPP dan lainya,” tandasnya.  (*)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Googlenews. silahkan Klik Tautan https://bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

 

Video Viral