Tahun Ini Akan Jadi yang Terakhir Petani Ketela di Pati Dapat Pupuk Subsidi

Dalam Permentan tersebut, menerangkan bahwa setelah transisi penyaluran pupuk tahun 2022, pemerintahan nantinya hanya menyalurkan pupuk subsidi kepada 9 komoditas pertanian prioritas diantaranya padi, jagung, kedelai, kopi, tebu, kakao rakyat, bawang merah, dan bawang putih.

Meski demikian, tahun ini para petani ketela masih bisa mendapatkan pupuk subsidi. Hal ini berlaku hingga stok alokasi pupuk dari pemerintah pusat untuk tahun 2022 habis.

“Di Pati di eRDKK ada 15 ribu hektar lahan. Tapi hingga bulan ini yang mengambil ada yang sudah ada yang belum,” terang Doni.

Ia mengaku sangat menyayangkan kebijakan ini lantaran Kabupaten Pati merupakan penghasil ketela yang cukup besar di Jawa Tengah.

Baca Juga :   Pemerintah Perlu Memperketat Penyaluran Pupuk Bersubsidi

“Tapi kan kita hanya yang melaksanakan kebijakan dari pusat tidak bisa intervensi,” imbuhnya.

Saat ini belum ada solusi konkrit kaitannya dengan alternatif pupuk subsidi dari Pemerintah Kabupaten untuk petani ketela.

Jalan lainnya, tahun depan para petani bisa memanfaatkan pupuk non subsidi atau pupuk organik. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati